Sukses

6 Hari Tidak BAB Pada Bayi

25 Jan 2017, 08:11 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau tanya tentang bayi saya usia 3 bln..udah 6 hari ini dia blm bab juga..bayi saya asi dan di kasih susu formula..tapi kentut terus dan bau apa penyebabnya nd gimana cara buat dia bab ya dok

Sudah berapa lama konstipasi/susah buang air besar terjadi? Apakah ada gejala lain seperti muntah, demam, perut membesar, rewel? Apakah Anda memberikan makanan lain selain ASI seperti susu formula? Bagaimana konsistensi BAB nya, apakah lebih keras dari biasanya?

Konstipasi pada bayi di bawah umur 1 tahun merupakan hal yang wajar terjadi, terutama pada usia 2-6 minggu pertama. Pada masa ini, frekuensi kontraksi usus biasanya berkurang (terutama pada bayi yang mendapat ASI). Penurunan frekuensi buang air besar pada bayi bukan berarti dia mengalami konstipasi. Yang terjadi adalah, sistem pencernaan bayi beradaptasi lebih baik dan mampu mencerna serta menyerap nutrien pada susu. Akibatnya, buang air besar lebih jarang.

Namun ada juga beberapa kondisi yang dapat menyebabkan konstipasi pada bayi, diantaranya:

  • Dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Mendapat jenis makanan baru, seperti baru mengganti ASI dengan susu formula atau makanan lunak
  • Penyakit yang mendasari: Morbus hirschprung, hipotiroidisme, cystic fibrosis

Bagaimana dengan pemberian ASI nya? Pastikan bayi Anda mendapat jumlah ASI yang cukup. ASI eksklusif harus diberikan minimal 8x/hari (setiap 4 jam) atau setiap bayi meminta dan tidak memberikan makanan/minuman apapun selain ASI. Kami sarankan agar Anda memberhentikan asuapn susu formula dan hanya memberikan ASI kepada buah hati. Jika konstipasi berlangsung lebih dari 4-5 hari disertai darah, anak menjadi rewel dan gelisah, perut semakin membesar, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis Anak.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar