Sukses

Nyeri Pinggang dan BAB Hitam

25 Jan 2017, 08:04 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat pagi dokter,saya dalam satu minggu ini merasakan sakit di pinggang bawah saya.dan juga dibarengi dgn BAB yg berwarna agak hitam,tidak padat,dan kadang bercampur darah.saya juga setiap pagi merasa mual.sebagai info saya sebelumnya menkomsumsi obat pencahar.saya ini sakit apa dok?mohon bantuannya dokter,atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan keluhan Anda kami mencoba menjelaskan beberapa kemungkinan.

Feses yang berwarna hitam dapat disebabkan karena terjadinya perdarahan pada daerah lambung dan darah yang keluar teroksidasi oleh sama lambung sehingga menyebabkan warna hitam pada feses atau karena konsumsi suplemen zat besi atau juga bergantung pada jenis makanan yang Anda konsumsi. Untuk itu bila memang feses Anda berwarna hitam maka perlu diketahui bagaimana kondisi Anda saat ini? Sudah berapa lama kondisi ini terjadi? Bagaimana dengan konsistensi feses? Adakah keluhan lain yang menyertai? Apa saja makanan atau obat-obatan yang Anda konsumsi selama ini? Apakah Anda memiliki riwayat penyakit maag sebelumnya?

Mengenai BAB disetai darah dapat disebabkan akibat adanya perlukaan pada saluran pencernaan bagian bawah seperti ambeyen.

Sakit pinggang bawah dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri rujuk, misal pada batu ginjal. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus. Mengenai efek samping dari obat pencahar terhadap keluhan Anda juga masih perlu dipastikan lagi sebab obat pencahar pu jarang menyeabkan keluhan seperti yang Anda rasakan.

Mengenai hubungan ketiganya masih harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah saling berhubungan ataumemang Anda menderita keluhan yang berbeda dengan penyakit yang berdiri sendiri-sendiri. BAB hitam akibat perlukaan saluran pencernaan atas tidakmenyebabkan nyeri pada pinggang, namun nyeri akibat ambeyen dapat menjalar hingga ke pinggang bangian belakang.

Bila keluhan semakin mengganggu, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut dan teliti agar bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

0 Komentar

Belum ada komentar