Sukses

Gatal di Wajah dan Tangan

24 Jan 2017, 17:02 WIB
Pria, 23 tahun.

dok, wajah saya beberapa hari ini gatal di bagian kelopak mata, belakang kuping, di bawah kiri dan kanan dagu, dan pundak dok... lalu mulai terasa dibagian lipatan tangan dan kali juga ke sela jari2.. itu kenapa ya dok, ?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Gatal pada wajah dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah iritasi pada wajah akibat dari kontak dengan alergen (bahan pembuat alergi), pajanan sinar matahari, ataupun infeksi baik bakteri, jamur, dll. Dalam faktor cuaca yang kurang baik, kami sarankan untuk rajin mencuci muka bukan hanya dengan air namun juga menggunakan sabun cuci muka sesuai dengan jenis kulit Anda atau pada umumnya yang ber-PH netral. Cuci muka dilakukan kurang lebih 3 kali sehari dan setelah itu dioleskan dengan krim pagi atau krim tabir surya untuk menghindari pajanan UV dari sinar matahari.

Sedangkan, keluhan gatal di sela jari dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, atau infeksi lain.

  1. Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan).

  2. Infeksi jamur pada sela jari--> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan.

  3. Skabies --> biasanya menyerang orang yang tinggal berkelompok seperti di asrama atau keluarga dengan jumlah anggora keluarga yang banyak akibat kondisi lingkungan yang tidak higienis. Gejala biasanya gatal yang sangat di sela-sela jari atau selangkangan. Penyakit ini dapat menular.

  4. Infeksi bakteri, iritasi akibat detergen/produk sabun

Untuk menangani keluhan kulit sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Apabila keluhan semakin mengganggu, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar