Sukses

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

23 Jan 2017, 10:14 WIB
Wanita, 30 tahun.

Hallo Dok.. saya memiliki 2 anak yang besar kebetulan tidak sulit makan dan minum susu.. namun anak saya yang ke 2 sulit sekali makan apalagi minum susu. Kalau saya kasi susu dan dia tau itu susu langsung dy menolak dan sering kali smp dia keluarkan lagi susunya. Saya sampai sekarang masih beri asi lgsg dr payudara saya karna dr baby anak saya tidak mau mnm dr botol susu sama sekali. Bagaimana ya Dok? Saya takut gizi anak saya tidak terpenuhi.. dan menu makan apa ya yang bisa saya berikan supaya bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak saya? Terima Kasih

 

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Permalasahan makan pada anak merupakan permasalaha yang cukup umum ditemui, terutama pada anak usia 2 tahun. Apakah anak Anda tergolong anak yang aktif? Bagaimana dengan jadwal makannya? Apakah anak Anda sudah makan makanan utama (nasi, lauk, sayur) dengan jadwal yang teratur, 3x sehari, disertai camilan di sela-sela jadwal makan utama? Apakah anak Anda mau makan makanan utama atau hanya makan makanan camilan saja?

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Sehingga anak Anda membutuhkan 1400 kalori setiap harinya. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi. 

Beberapa penyebab yang menyebabkan anak tidak mau makan diantaranya adalah :

  • Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki, dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.

  • Minum susu terlalu banyak. Padahal setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Bila anak Anda hanya mau ASI, itu bukanlah hal yang buruk. Faktanya, dalam ASI terkandung nutrisi yang tidak ada di susu lainnya. Namun sekali lagi di atas 1 tahun, asupan susu bukanlah hal mutlak. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi susu! Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir orangtua

  • Bosan dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.

  • Anak sedang dalam fase 'negativistik'. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak, jangan memaksa anak untuk makan.

  • Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih.

Apa kira-kira penyebab sulit makan pada anak Anda?

Masalah makan pada anak 'badut' (bawah dua tahun) adalah memberikan makan dengan waktu seperti bayi (usia kurang dari 1 tahun), yaitu setiap 3 jam.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan :

  1. Sebaiknya susu hanya diberikan pagi dan malam sebelum tidur

  2. Pukul 9-10 pagi berikan buah/jus buah

  3. Siang hari berikan nasi lembek dengan sayur dan daging cincang, dan

  4. Sore hari berikan roti dengan jus buah atau nasi lembek.

Perlu diingat bahwa nafsu makan anak 'badut' (bawah dua tahun) umumnya mulai berkurang, tapi hal itu normal dialami. Cobalah menyiasati pola makan anak anda seperti tertulis di atas. Diharapkan dengan menerapkan tips tersebut, masalah makan anak anda dapat teratasi dengan baik. Bila Anda ingin memberikan anak multivitamin, Anda dapat memberikan curcuma atau lisin ynag terbukti dapat meningkatkan nafsu makan. Namun apabila masalah ini terus menerus berlanjut, Anda dapat membawa anak ke dokter agar mendapatkan penilaian yang lebih menyeluruh.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Anak Anda Susah Makan?

10 Nutrisi Paling Penting Bagi Anak

Anak Sulit Makan?

Pengaturan Makan Bagi Pertumbuhan Anak

Semoga Anda sekeluarga sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar