Sukses

Kenali Gejala Alergi Susu Sapi Pada Anak

22 Jan 2017, 21:03 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok apakah tanda merah bengkak ketika baru lahir pertama kali di berikan susu sapi ( saat itu s26 promil gold ) merupakan tanda alergi protein susu sapi pada baby saya yg baru berusia 3 bulan ? kemudian satu bulan yg lalu sy memberikan susu sapi lagi saya kira sudah tidak alergi tapi ternyata merah2 nya lebih banyak dari saat lahir diberi susu sapi. Saat ini baby sy minum morinaga bmt soya 0-6 bulan. Mhn penjelasannya dok. Tks.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang ada di dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi lakstosa oleh karena gejalanya yang serupa. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa terjadi akibat masalah sistem pencernaan. Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) atau muncul setelah beberapa jam atau beberapa hari setelah konsumsi susu (reaksi lambat). Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

  1. Gejala pada saluran pencernaan (50-80%), seperti sakit perut, mual, muntah dan diare
  2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), berupa ruam, bengkak dan gatal pada kulit
  3. Saluran pernapasan (4-25%) berupa sesak napas atau mengi

Alergi susu sapi dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit. Jika anak Anda benar menderita alergi susu sapi, hindari makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai. Melihat usia anak Anda yang baru berusia 3 bulan, sebaiknya anak Anda diberikan ASI ekslusif terlebih dahulu hingga usia 6 bulan, karena di bawah usia 6 bulan sistem pencernaan anak belum berkembang sempurna. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan dan diketahui kondisi terakhir anak Anda.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar