Sukses

Susu Formula Untuk Anak 3 Bulan

20 Jan 2017, 18:53 WIB
Wanita, 3 tahun.

Dok saya mau tanya anak saya minum susu morinaga bmt sejak lahir.di usia 0 sampai 2 bln berat badan nya meningkat dengan baik setelah itu 2 bln ke 3 bulan berat badan nya susah naik dan susah untuk minum sufor.tolong tips nya dok agar anak saya tidak susah lagi buat minum sufor dan vitamin ap agar menambah nafsu makan nya supaya ngak rewel lg saat di kasih sufor.terima kasih dok

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun apa yang membuat Anda tidak memberikanASI bagi  buah hati Anda? Apakah produksinya sedikit ataupun Anda seorang wanita karir, apapun alasannya ASI tetap wajib diberikan.

Ketika bayi baru lahir dan ASI belum keluar secara lancar, jangan langsung terburu-buru memberikan susu formula atau air gula. Secara teori, ASI akan semakin banyak mengalir bila payudara semakin sering dihisap oleh bayi. Karena itu, ingat untuk selalu sodorkan payudara setiap kali bayi menangis. Hal ini perlu dilakukan demi terlaksananya ASI eksklusif.

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Kemungkinan hanya 1 dari 1000 wanita yang benar-benar tidak dapat menyusui.

Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin (hormon yang dapat merangsang pengeluaran ASI). Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi anda.

Atas dasar itu, pemberian susu formula atau air gula secara berkelanjutan tentunya dapat mengganggu atau bahkan menghentikan produksi ASI, karena bayi tidak lagi menghisap payudara ibu. Untuk itu, jangan putus asa untuk terus memberikan ASI pada bayi Anda, sodorkan ASI setiap kali bayi menangis dan usahakan untuk terus menawarkan ASI pada bayi Anda.

Jika Anda seorang wanita karir, maka saat ini memberikan ASI eksklusif pada anak Anda bukanlah hal yang mustahil. Dimulai dari adanya cara penyimpanan ASI dalam botol selama bekerja yang bisa Anda peras ketika payudara mulai terasa penuh saat berada di kantor. Setelah itu, Anda dapat menyimpan ASI yang sudah di peras dalam tas khusus menyimpan ASI yang telah dilengkapi ES batu khusus untuk kemudian dapat Anda simpan ataupun segera dikirimkan melalui layanan transportasi online, mudah kan.

Jika ASI memang tidak keluar maka Anda memang disarankan untuk memberikan anak susu formula, dan peningkatan berat badan anak tergantung dari jumlah kalori input dan output, Dimana jika asupan kalori anak berlebih tentu saja akan meningkatkan berat badannya. Berikut berat badan normal anak usia 3 bulan menurut WHO :

Jenis kelamin Kisaran BB normal BB ideal
Laki-laki 5,1-7,9 kg 6,4 kg
Perempuan 4,6-7,4 kg 5,8 kg

Jika berat anak Anda saat ini 6 kg dengan jenis kelamin perempuan, maka berat tersebut masih dalam batas yang normal. Perlu kami ingatkan seluruh multivitamin anak baik penambah nafsu makan ataupun multivitamin lainnya, tidak dianjurkan untuk anak di bawah 1 tahun.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga dapat bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar