Sukses

Penyembuhan Luka Oeperasi SC dan Vagina Kering Pasca Melahirkan

20 Jan 2017, 16:03 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok sy mw nanya..pertanyaan pertama...brpa lama bekas operasi caesar sembuh seutuhnya (utk bekas operasi bagian dlm)?kebetulan sya melahirkan dgn cara caesar dan skrg sudah berjalan 2bulan 20 hari...apakah rasa nyeri/sakit yg dtg tiba2 pada bekas operasi bagian dlm itu wajar dok..krna smpai skrg sy masi mrsakan sakit pada bagian dlmnya..dan berapa lama normalnya utk hamil lagi klo kelahiran pertama dilakukan dgn caesar? prtanyaan ke 2 saya...apakah wajar setelah melahirkan kita kekeringan dok (tidak ada cairan bening sm sekali pd bagian vagina)jd pd saat melakukan hubungan trsa sakit. apa ya dok solusinya?

Terimkasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Proses penyembuhan luka operasi sesar sendiri dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan, Ibu tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan  mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Daerah bekas luka operasi perlu dijaga tetap kering dan bersih.

Vagina secara alami akan berubah setelah melahirkan. Mungkin Anda akan merasakan vagina Anda lebih lebar, kering, atau sakit selama beberapa waktu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut terbilang umum dan normal. 

Kondisi vagina kering pasca melahirkan terkait dengan rendahnya tingkat estrogen dalam tubuh. Untuk ibu menyusui, kadar estrogen lebih rendah dibandingkan pada wanita yang tidak menyusui. Ketika telah berhenti menyusui dan periode menstruasi kembali normal, maka kadar estrogen juga akan kembali normal.

Estrogen juga penting untuk gairah seksual, karena dapat meningkatkan aliran darah ke organ intim dan meningkatkan pelumasan vagina.

Apabila kondisi vagina kering pasca melahirkan menyebabkan masalah pada hubungan intim seperti nyeri, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yakni:

  • Menggunakan minyak pelumas ketika berhubungan intim. Jika pasangan Anda memakai kondom, hindari minyak pelumas berbasis petroleum karena dapat merusak kondom.
  • Anda juga bisa mencoba pelembap vagina untuk mengatasi vagina kering pasca melahirkan
  • Bicarakan kepada dokter terlebih dahulu apabila Anda ingin menggunakan krim estrogen pada vagina.
  • Banyak minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik.
  • Hindari penggunaan pembersih dan sabun vagina, karena dapat mengiritasi jaringan vagina yang sensitif.
  • Melakukan foreplay lebih lama dan komunikasikan kepada pasangan bagaimana posisi yang membuat Anda nyaman.

Selain cara-cara di atas, menerapkan pola hidup sehat dapat mendukung pemulihan kondisi Anda, seperti istirahat cukup dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Jika perlu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi Anda serta penanganannya.

Pada beberapa kondisi, termasuk vagina kering pasca melahirkan baik SC maupun normal, pelumas vagina sangat dibutuhkan untuk meminimalisasi rasa tidak nyaman saat berhubungan seksual.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar