Sukses

Dahak Berwarna Merah dari Mulut

20 Jan 2017, 09:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat siang dokter. saya mempunyai keluhan, sudah dua hari keluar dahak berwarna merah dari langit2 mulut saya, seminggu yg lalu saya ada riwayat sakit tenggorokan dan susah menelan. kira2 saya sakit apa dokter? terimakasih dokter

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

 

 

Jika batuk disertai darah disebut sebagai hempoptisis. Ada banyak penyebab hemoptisis (masalah jantung, trauma, infeksi, penyakit paru-paru, dll). Di seluruh dunia, TBC adalah penyebab paling umum dari hemoptisis. Penyebab lain yang juga sering ditemukan adalah bronkitis, bronkiektasis, dan kanker paru-paru.

Jika jumlah darah sedikit dianggap hemoptisis ringan. Sekitar 70% dari hemoptisis ringan memiliki penyebab jinak dan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa efek serius atau permanen. Hemoptisis juga dapat disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh batuk terlalu keras dan/atau infeksi bronkitis .

 

Selain itu penyakit pada gigi atau gusi juga dapat membuat dahak yang dikeluarkan bercampur darah. 

Kami menyarankan Anda untuk banyak minum air putih dan  Anda dapat memeriksakan diri ke dokter bila keluhan memburuk atau tidak membaik dalam 2-3 hari. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.)

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar