Sukses

Terlalu Banyak Minum Teh Manis

17 Jan 2017, 17:31 WIB
Pria, 32 tahun.

Halo Dokter...assalamualaikum Begini dokter saya belakangan ini suka sekali minum es teh manis sehari itu bisa sampai 3x. pdhl sblmnya tidak dokter. saya ngerasa sptnya jika gak minum spt ada yg kurang. macam kecanduan dok. sy jg ngerasa aneh. pertanyaan saya apakah minum es teh manis sehari 3x ada dampak negatifnya dokter. Mohon jawabannya. Terima Kasih

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Teh merupakan minuman yang sangat dikenal baik bagi kesehatan, sebab teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit. Teh juga mengandung kafein yang membuat Anda senantiasa terjaga. Namun sifat teh yang "asam" membuat Anda rentan terkena penyakit maag terutama jika diminum dalam keadaan perut kosong. 

Selain itu kandungan oksalat di dalam teh cukup tinggi, sehingga dalam sebuah penelitian didapatkan bahwa sumber oksalat utama pada pasien-pasien dengan batu ginjal adalah kopi dan teh hitam yang diminum secara rutin setiap hari. Untuk itu disarankan agar jika Anda rutin mengonsumsi teh jangan lupa untuk banyak mengonsumsi air putih.

Berikutnya konsumsi teh manis berlebihan dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit diabetes meliitus tipe 2 dikemudian hari. Kami sarankan agar Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi teh manis dalam sehari. Diabetes berkaitan dengan asupan gula yang dikonsumsi, baik dari makanan atau minuman. Dalam hal ini pengaturan jumlah asupan gula menjadi sangat penting. Jumlah gula yang direkomendasikan untuk orang dewasa wanita maupun pria adalah sekitar 6 sendok teh gula sehari (meliputi kandungan gula yang dikonsumsi melalui makanan maupun minuman). Dalam hal dibetes mellitus tipe 2, yang dikaitkan ialah jumlah takaran gula harian Anda, bukan jumlah teh dala, sehari.

Bila dihubungkan dengan jumlah kalori harian, kalori gula yang masuk dalam tubuh dalam sehari hanya direkomendasikan 10 persen dan disesuaikan dengan aktivitas serta kebutuhan. Misalnya, seorang wanita dengan kebutuhan 2000 kkal, berarti konsumsi gula harian yang diperbolehkan masuk ke dalam tubuh adalah sebesar 200 kkal.

Namun sebenarnya, konsumsi gula harian pada orang dewasa diperkirakan sekitar lebih dari 15 persen dari total jumlah kalori. Bila kebutuhan harian sebanyak 2000 kkal, berarti konsumsi gula harian yang diperbolehkan masuk ke dalam tubuh adalah sebesar 350 kkal. Nah, jika dikonversikan dengan jumlah kalori menurut 1 sendok teh gula, artinya dalam sehari konsumsi gula orang dewasa rata-rata ialah 15-20 sendok teh, sementara yang dianjurkan hanya 6-10 sendok teh.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar