Sukses

Bayi Minum ASI dan Susu Formula

17 Jan 2017, 11:07 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya. Apakah tdk bermasalah jika sang bayi usia 2bln setiap dua jam sekali minum asi plus minum susu formula.. Mohon petunjukknya dok

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Pada bayi ASI yang langsung menyusui memang didapatkan kesulitan dalam mengukur jumlah yang harus diminum oleh bayi, kecuali bayi yang mendapatkan ASIP (ASI Perah) yang dijumpai jika ibu nya bekerja. Berikut kami sertakan tanda-tanda bayi ASI yang telah minum cukup:

·         Payudara ibu tidak terasa penuh

·         Bayi menghentikan hisapan dengan sendirinya

·         Bayi tenang dan lelap tidur

·         Tinja berwarna gelap, hijau kehitaman – kuning

·         Frekuensi buang air kecilnya sering.  BAK > 6 kali sehari

·         Berat badan bayi meningkat. Berat badan bayi naik 500 gram dalam 2 minggu

 

Komposisi ASI juga berbeda berdasarkan lamanya waktu menyusui. Pada permulaan menyusui (5 menit pertama) bayi akan menghisap foremilk yang mengandung kadar protein yang tinggi.  Sedangkan ASI yang dihasilkan pada akhir menyusui (setelah 15-30 menit) disebut hindmilk yang mengandung kadar lemak yang tinggi. Maka dari itu disarankan untuk menyusui bayinya sampai tuntas pada satu payudara, baru kemudian berpindah ke payudara yang lain, agar bayi mendapatkan keselurahan kandungan ASI yang dibutuhkan.

Jika anak Anda sudah memasuki bulan pertama dan keenam jumlah asupannya akan berbeda lagi. Pertumbuhan bayi ASI akan melambat dan asupannya akan selalu sama tiap bulannya. Menurut penelitian bayi ASI membutuhkan sekitar 750 ml/hari (25 oz). Rata-rata bayi membutuhkan asupan 570-900 ml/hari. Bagi Anda ibu yang bekerja dan hanya bisa memberikan ASIP, berikut perhitungan kasar asupan jumlah ASI yang dibutuhkan anak dalam sekali sesi minum. Sebelum melakukan perhitungan, terlebih dahulu kita harus mengetahui frekuensi anak untuk minum ASI dalam sehari.

Perhitungannya adalah sebagai berikut: 

Asupan rata-rata bayi minum ASI dalam sehari (750 ml) : frekuensi anak minum dalam sehari 

Contoh: Anak minum ASI sebanyak 10 kali dalam sehari, berapa rata-rata asupan ASI yang diminum anak sekali minum? 

Rumusnya: 

750 ml / (frekuensi minum)  = hasil

Jadi, 750mL / 10x = 75mL

Jadi rata-rata asupan ASIP adalah 75 mL dalam sekali minum, jika frekuensi minum anak 10x dalam sehari.

Jika ASI lancar, anak tidak perlu diberikan susu formula karena produksi ASI oleh ibu akan menyesuaikan kebutuhan anak. Yang terpenting ibu cukup nutrisi dan menghindari stress agar produksi ASI lancar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar