Sukses

Cara Memilih Pelumas yang Aman untuk Berhubungan Seksual

17 Jan 2017, 10:41 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok saya mau tanya, setia kali berhubungan ketika penetrasi istri saya selalu nyeri karena keset sedangkan kami sudah fore play, apakah perlu pelumas agar lancar masuknya, kira2 pelumas yg baik dan aman apa, jika dijual pasaran yg aman apa namanya?

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KikDokter.com

Vagina kering kerap menjadi masalah utama dalam kehidupan seksual. Berkurangnya lubrikasi pada area genital ini bisa disebabkan oleh faktor fisik maupun psikologis seperti rasa gelisah, tertekan, stres, atapun masalah lainnya. Akibatnya ketika berhubungan intim, vagina Anda tidak menghasilkan cairan pelumas dengan sempurna.  Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan cairan pelumas tambahan bisa menjadi solusinya.

Cairan pelumas tambahan terbagi menjadi tiga jenis, yakni pelumas berbahan dasar air, silikon, dan minyak. Pertanyaannya, mana pelumas yang lebih baik? Hal itu tergantung dari apa yang Anda inginkan atau butuhkan saat berhubungan seks. Setiap jenis pelumas memiliki karakter yang cukup berbeda.

  • Pelumas berbasis air

Pelumas berbasis air mudah ditemukan dengan harga yang bervariasi. Namun karena banyak merek yang tersedia, tidak sedikit yang memiliki kemungkingan mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, carilah merek pelumas yang mengandung bahan-bahan alami dan pastikan pelumas tersebut bebas paraben. Kandungan tersebut berbahaya untuk area genital Anda.

  • Pelumas berbasis silikon

Pelumas berbasis silikon membuat area genital tetap licin atau basah untuk waktu yang sangat lama. Pelumas berbasis silikon cenderung aman digunakan bersama kondom lateks, tetapi jangan digunakan bersamaan dengan sex toy berbahan silikon. Perlu diketahui, pelumas jenis ini juga tidak cocok untuk oral seks.

  • Pelumas berbasis minyak

Pelumas berbasis minyak agak sulit dicuci setelah menempel pada vagina dan sering kali membuat wanita tidak nyaman. Selain itu, pelumas jenis ini dapat merusak kondom berbahan dasar lateks.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bemanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar