Sukses

Penanganan Bronkopneumonia

17 Jan 2017, 10:15 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, yang saya mau tanyakan tentang hasil rontgen anak saya perempuan usia 2 tahun 10 bulan, Pulmo : Corakan bronkhovaskuler meningkat, tampak bercak infiltrate pada perihiler dan parakardial parenkim paru kanan, hilus kanan tampak menebal, diafragma dan sudut kostofrenikus kanan kiri baik, tak tampak lesi titik/ sklerotik pada tulang, soft tissue kesan baik. KESAN : Cor dalam batas normal, Gambaran proses spasifik pada pulmo, tak tampak kelainan lain secara radiologis. Diagnosa anak saya BP, Mohon penjelasan mengenai hasil rontgen dan diagnosa anak saya dok, terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bronchopneumonia atau sering disebut pneumonia pada anak-anak merupakan infeksi paru-paru (peradangan pada dinding bronchioles) yang disebabkan oleh bakteri. Batuk merupakan gejala yang paling sering muncul disertai dengan sulit makan, gelisah, sesak nafas, serta kurangnya oksigen ke dalam paru-paru. 

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri (kuman) yang menyerang paru-paru anak. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan rontgen, dapat juga kultur untuk melihat terdapat bakteri apa, serta pemeriksaan darah lengkap. 

Pengobatan yang dapat dilakukan adalah : 

1. Beberapa jenis antibiotik yang saya kutip dari Asosiasi Infeksi Anak di Amerika yang telah disetujui oleh CDC (pusat Infeksi dunia) : Semua tergantung dari jenis bakteri yang ditemukan serta kondisi si anak, namun ada beberapa bakteri yang paling sering ditemukan, beberapa antibiotik yang dapat digunakan adalah : amoxicilin, amoxiciln clavulanate, azitromycin, ceftrixaone,  cefotaxime, doxycicline, clindamycin.

2. Bila dicurigai disebabkan oleh infeksi virus (terutama pada anak-anak dibawah 2 tahun) maka dapat diberikan obat anti-virus

3. Bila sangat sesak, dapat dirawat di rumah sakit, dan diberikan oksigen, serta infus 

4. Banyak  kasus anak baru sembuh ketika dilakukan uap/nebulizer pada anak.

5. Status gizi juga harus diperhatikan, pemberian vitamin, makan serta minum yang cukup

 

Jika keluhan anak Anda sangat mengganggu, kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut. 

 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat 

Salam sehat, 

0 Komentar

Belum ada komentar