Sukses

Telinga Pengang karena Flu

17 Jan 2017, 10:40 WIB
Pria, 20 tahun.

Maaf dok saya ingin bertanya, 5 hari yang lalu saya batuk dan pilek flu,, hidung tersumbat. Saat hidung sebelah kiri saya mencoba untuk menghembuskan hidung yg tersumbat dengat kuat kuat, tak lama kemudian telinga saya juga ikut tersumbat, saya pikir telinga saya bisa langsung sembuh tetapi hingga sekarang masih tetep tersumbat, malahan sekarang ada bunyi yang menyiang di dalam telinga kiri saya dok, kalau saya cegukan terasa ada air yang menutupi telinga, saat menguap juga begitu,, hingga sekarang belum hilang juga bunyi di dalam telinga kiri saya, setelah saya googling saya menemukan yang namanya penyakit tinnitas, pertanyaan saya, sakit yang saya alami ini bisa sembuh dgn sendirinya tidak dok? Di apotek ada tidak obat yang bisa menyembuhkan sakit telinga saya? Skarng flu udah hilang, cuma rahang, tenggorokan, agak pegal pegal dok, makasih sekiranya dokter membantu saya. Selamat siang dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Dari keluhan Anda kami perlu mengetahui lebih lanjut, apakah ada cairan keluar ? apakah disertai nyeri ? Perasaan telinga tersumbat saja dapat disebabkan karena Anda mengalami apa yang disebut dengan serumen obturans (prop) dimana kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan dan mungkin letaknya di telinga bagian dalam yang tidak terlihat. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung pada telinga Anda.

Penyebab lainnya rasa tersumbat pada telinga karena perbedaan tekanan, jika Anda melakukan olah raga renang, atau olah raga dengan kecepatan tinggi roller coaster, bungee jumping, dll) dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga sehingga dapat tercipta sensasi seperti telinga tersumbat. Flu juga dapat menyebabkan perasaan tersumbat pada telinga karena adanya hubungan antara hidung dan telinga yang menyebabkan peradangan dan akan terdapat keluhan seperti tersumbat pada hidung. Apabila memang Anda sudah tidak menderita flu, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar