Sukses

Cara Agar Cepat Memiliki Momongan

16 Jan 2017, 09:27 WIB
Pria, 29 tahun.

halo dok. saya baru saja menikah 8 bulan lalu dan belum memiliki keturunan. terkadang, saya merasa khawatir karena dulu saya pernah memiliki masalah dengan alat kelamin saya dan dinyatakan susah memiliki keturunan. sebaiknya apa yang harus saya lakukan? adakah cara agar saya cepat memiliki keturunan? terimakasih dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Menurut penelitian, hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) jika belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. 

Jika Anda dan pasangan anda ingin segera memiliki momongan, cobalah beberapa langkah berikut:

1. Berhubungan pada saat yang tepat

Untuk terjadinya pembuahan, maka diperlukan pembuahan pada saat yang tepat. Seorang wanita pada umumnya akan mengalami siklus haid sekitar 22-35 hari.  Masa  ovulasi akan terjadi sekitar 14 hari sebelum siklus haid berikutnya. Jadi, jika istri Anda memiliki siklus haid 30 hari, maka masa ovulasi adalah pada hari ke 16 dari siklus haid istri Anda, ditambah dan dikurangi tiga hari. Jadi ini adalah waktu yang tepat dimana sel sperma dapat membuahi sel telur. Selain itu, ciri lain dari waktu subur wanita adalah adanya lendir serviks yang lebih encer.

2. Konsumsi makanan yang sehat

Makanan yang sehat merupakan dasar dari pertumbuhan janin yang sehat. Makanan yang bergizi merupakan dasar dari kehamilan yang sehat. Konsumsilah makanan seperti ikan, telur dalam jumlah yang cukup. Hindari makanan yang berpengawet dan buatan pabrik. Gunakan produk makanan yang segar dibandingkan makanan yang diproses. Gangguan nutrisi berat dapat mempengaruhi hormon tubuh yang pada akhirnya mempengaruhi sel telur wanita. Menurut The Center for Disease Control(CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

3. Hindari merokok, Obat-obatan terlarang dan alkohol

Merokok tidak hanya menyebabkan gangguan pada berbagai organ seperti jantung dan paru. Namun racun rokok bisa menyebabkan gangguan pada sperma Anda. Sperma pada perokok dapat mengalami gangguan motilitas dan menyebabkan sperma sulit mencapai telur

4. Hindari Stress Psikologis

Hindari stres psikologis dan beban pikiran, terutama beban pikiran ingin memperoleh keturunan secepatnya. Jalani hidup dengan santai dan bahagia

Apabila setelah satu tahun melakukan hubungan intim secara teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi kehamilan belum juga terjadi, perlu dicari kembali penyebab yang mendasari baik dari pihak Anda maupun istri Anda. Untuk masalah yang Anda alami sebelumnya, sebaiknya Anda berkonsultasi kembali pada dokter spesialis andrologi. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan penunjang terkait masalah Anda sehingga dapat dilakukan tatalaksana yang lebih optimal. Semoga Anda dan istri Anda segera mendapatkan buah hati.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar