Sukses

ASD dan VSD pada anak

17 Jan 2017, 08:21 WIB
Wanita, 40 tahun.

Mau tanya anak saya usia 5 bulan mengalami jantung bocor sejak lahir ASD 0,2 cm & VSD 0,4 cm. dan saat ini menjalani pengobatan dengan diberi obat furosemide & Spirolonactone. apakah kegunaan obat tersebut ? apakah obat tersebut cukup efektif ? apakah benar jika ASD hanya dpt menutup jika dilakukan operasi, sedangkan VSD bisa menutup dengan sendirinya seiring berkembangnya usia ? Bagaimanakah dengan operasi pemasangan Amplatzer Septal Occluder (ASO) dan Amplatzer Ventricular Occluder (AVO) ? apakah ada kemungkinan gagal setelah pemasangan alat tersebut ? apakah mungkin dilakukan pemasangan alat ASO & AVO secara bersamaan ? mohon penjelasanya terimakasih

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Dilihat dari ukurannya, kelainan pada anak anda cukup besar dan bukan kelainan simpel. Pemasangan ASO dan AVO adalah tindakan non bedah. Opsi lain  adalah bedah jantung terbuka. Yang mana yg lebih baik diantara keduanya (non bedah vs bedah), sebaiknya dilakukan pemeriksaan Transesofageal Echo (semacam USG jantung). Setelah itu dilakukan pemeriksaan kateterisasi jantung kanan utk menilai saturasi (kadar oksigen darah) dan tekanan pada ruang jantung. Kemungkinan gagal pemasangan alat tentu ada. Pemasangan ASO dan AVO bersamaan secara teori bisa tapi secara praktek sangat sulit dilakukan secara teknis.

Pertama, perli dipahami secara terminologi penutupan AVO dan ASO itu bukan operasi bedah. Mesti dibedakan dengan operasi jantung terbuka.

Kedua, tahap pemeriksaan perlu dilewati dulu untuk penilaian apakah kelainan tersebut masih bisa ditutup atau tidak dan strategi penutupan yang akan dipilih. Apakah non bedah atau bedah. Note pada keadaan dimana sudah terjadi syndroma eisenmenger  penutupan tidak lagi dilakukan karena justru akan membahayakan.

Kesimpulannya perlu dilakukan tahapan2 pemeriksaan untuk menentukan tindakan mana yang lebih baik, bedah atau non bedah. Pilihan tindakan ini beserta resiko dan kemungkinan-kemungkinan lainnya dapat anda diskusikan secara mendalam dengan dokter yang merawat anak anda, sebaiknya dokter jantung anak.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar