Sukses

Arti ASCUS Pada Pap Smear

13 Jan 2017, 14:32 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok saya mau tanya, kemaren saya papsmear. hasil mikroskopik : sediaan memadai untuk dinilai, terdiri atas sel superfisial dan sel intermediate epitel skuamosa. sel glunder serviks ditemukan. tampak beberapa sel dgn inti besar dan ratio inti/sitoplasma meningkat. latar belakang sebuk leukosit. dan hasil papsmearnya itu : ascus dgn sebukan leukosit. apakah ascus ini berbahaya dan ada kemungkinan untuk kanker serviks? dan apa leukosit itu sendiri dok? saya juga sedang hamil hampir 2bulan. apakah akan berpengaruh pada janin saya?

Terima kasih telah menggunakan layanan Kami.

Menurut hasil pap smear Anda yang mengatakan adanya ASCUS dan sebukan leukosit. Izinkan kami menjelaskan terlebih dahulu mengenai sel-sel ini.

ASCUS atau Atypical Cells of Undetermined Significance merupakan sel serviks yang abnormal namun penyebabnya belum diketahui secara pasti. Sel skuamosa berbentuk flat dan pipih berada pada permukaan serviks yang normal atau sehat. Namun dengan keberadaan ASCUS ini belum tentu membuktikan bahwa Anda memiliki sel prakanker atau mengalami kanker serviks.

Dengan hasil pap smear yang abnormal biasanya dokter akan menganjurkan pemeriksaan tambahan yaitu colposcopy dimana akan diambil sejumlah jaringan pada serviks yang tampak abnormal (biopsi) untuk kemudian diperiksa di laboratorium.

Leukosit merupakan sel darah putih yang muncul akibat adanya reaksi terhadap infeksi. Biasanya ditandai dengan keluhan seperti keputihan yang abnormal, nyeri perut bawah, dan lainnya. Hal ini dapat diobati dengan pemberian antibiotik secara oral maupun lewat vagina. Namun untuk menentukan penyebab pasti sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Demikian penjelasan Kami berdasarkan hasil pap smear Anda. Semoga bermanfaat. (TRY)

0 Komentar

Belum ada komentar