Sukses

Sakit Pada Hidung

13 Jan 2017, 08:33 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya mengalami sakit di hidung. Jadi setiap hidung bagian kiri saya tekan, hidung saya terasa nyeri. Rasanya mirip seperti bengkak yg ditekan tapi hidung saya tidak bengkak sama sekali. Kira kira ini gejala apa ya dok? Kirim kira saya sakit apa?selain itu akhir akhir ini ada banyak sekali lendir yg tenggorokan saya.

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Selain nyeri dan bengkak, apakah ada gejala atau penyakit lainnya. Ada kemungkinan dari gejala yang Anda sebutkan Anda menderita polip hidung. Polip hidung merupakan pertumbuhan selaput lendir hidung yang bersifat jinak. Umumnya tumbuh di daerah selaput lendir yang membengkak akibat penumpukan cairan. Oleh sebab itu, polip biasa dijumpai pada daerah sinus dan rongga hidung. 

Berbentuk seperti tonjolan dengan permukaan halus yang terlihat semi transparan, polip lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan wanita.

Polip juga lebih sering terjadi pada orang dewasa dibanding anak-anak. Angka kejadian polip ini adalah sekitar 1-4% dari keseluruhan total populasi.

 

Gejala polip dapat berupa:

  • Hidung tersumbat.
  • Mimisan.
  • Pusing.
  • Mengorok.
  • Penciuman berkurang.
  • Hidung meler.
  • Postnasal drip (cairan yang keluar dari lubang hidung belakang).

Gejala polip dapat dirasakan di kedua lubang hidung maupun di salah satu lubang hidung saja. Meskipun jinak, pada beberapa kasus dengan keluhan mengenai salah satu hidung saja harus dipikirkan adanya kemungkinan keganasan. Keadaan yang dapat memicu peradangan pada permukaan selaput lendir dalam jangka waktu lama seperti asma, rinitis alergi dan intoleransi terhadap aspirin, dapat menyebabkan timbulnya polip.

Penanganan polip tergantung dari faktor risiko yang menyebabkan. Apabila terdapat faktor risiko alergi, maka penghindaran terhadap hal-hal pencetus merupakan faktor yang sangat penting.

Obat semprot hidung digunakan untuk mengurangi gejala klinis yang mengganggu, mengurangi kekambuhan, dan mengecilkan ukuran polip itu sendiri. Pencegahan kekambuhan dan pengobatan sangat penting sebab apabila ukuran polip sudah terlanjur besar dan tidak memberikan respon terapi yang baik dengan obat, maka dianjurkan untuk tindakan operatif.

Namun kami belum dapat memastikan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan, kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis THT untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar