Sukses

BAB Keras Pada Anak, Kenapa ?

08 Jan 2017, 21:07 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok saya mau tanya,kenapa ya anak saya bab nya keras... Udh gnta gnti susu sm aja bab nya.. Saat ini lg minum susu morinaga chilkid.. Bab nya tiap hari,cm klo pas bab itu kasian krn bab nya keras.. Skrg usia ank sya 2th. Trims, mohon d jelaskn..

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya, BAB pada anak sangat bergantung pada asupan makanan yang dikonsumsi. Apabila asupannya sedikit maka BABnya menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Susu formula lebih sulit untuk dicerna sehingga mengakibatkan tinja menjadi lebih tebal. Selain itu, terjadi perubahan dalam frekuensi BAB anak dengan semakin bertambahnya usia, hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh produk yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap oleh sistem pencernaan anak.

Nah, untuk mengatasi BAB keras pada anak Anda, Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan susu formula yang lebih encer dan tidak terlalu kental agar lebih mudah dicerna, serta pastikan anak Anda tidak kurang minum. Berikan asupan yang mengandung serat seperti sayur dan buah-buahan pada anak Anda. Tambahkan makanan yang mengandung omega 3 seperti minyak ikan pada menu asupan anak Anda. Omega-3 akan berperan sebagai “pelumas” usus sehingga usus anak Anda dapat melakukan tugasnya dengan lebih mudah.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar