Sukses

Apakah Saya Masih Bisa Relaktasi?

07 Jan 2017, 10:25 WIB
Wanita, 40 tahun.

apakah masih bisa keluar asi saya setelah 60hari/3 bulan tdk menyusui, krn semenjak anak saya di sinar (bilubirin nya sampai 17) selama 3 hari, baby kami tdk mau lagi menyusui asi dan asi saya sedikit sekali keluarnya, krn butuh asupan cairan akhirnya saya putuskan pakai susu formula, saya sudah berusaha tetapi krn saya bekerja jd saya teruskan pakai susu formula, krn saya sdh resign dr tmpt kerjaan saya, saya ingin memberi asi lg utk so baby, yg ingin saya tanyakan apakah saya mash bisa menyusui krn mengingat sayah fakum tdk menyusui baby lagi. saya mohon konfirmasimya dokter, terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kondisi Anda.

Menyusui kembali setelah berhenti ASI disebut juga dengan relaktasi. Usaha relaktasi umumnya menghasilkan produksi ASI yang lebih banyak dari pada induksi laktasi (memulai menyusui). Payudara wanita yang mendapat pengaruh hormonal kehamilan, dan terutama wanita yang pernah menyusui, akan dapat memproduksi banyak ASI saat wanita tersebut melakukan relaktasi.

Menurut IDAI, keberhasilan relaktasi tergantung dari ibu dan bayi.

1. Hal yang berhubungan dengan ibu

  • Motivasi ibu. 
  • Lamanya waktu dari berhentinya laktasi (lactation gap). Umumnya makin pendek waktu terhentinya laktasi, makin mudah ibu untuk melakukan relaktasi. Ada laporan keberhasilan relaktasi dalam 2 minggu walaupun laktasi sudah terhenti selama 14 minggu.
  • Kondisi payudara ibu. Adanya infeksi atau luka pada payudara maupun bentuk puting yang terbenam menjadikan alasan ibu menghentikan laktasi. 
  • Kemampuan ibu untuk berinteraksi dengan bayinya dan dukungan dari keluarga, lingkungan dan tenaga kesehatan.
  • Pengalaman laktasi sebelumnya. Ibu yang memiliki pengalaman laktasi sebelumnya tidak terlalu mempengaruhi kemampuan relaktasinya. 

2. Hal yang berhubungan dengan bayi

  • Keinginan bayi untuk menyusu. Salah satu penelitian relaktasi menemukan bahwa 74% bayi menolak untuk segera menyusu pada awal laktasi yang disebabkan karena bayi kesulitan melekat pada payudara dan memerlukan bantuan tenaga kesehatan yang terlatih untuk mengatasinya. Penolakan pada awal laktasi bukan berarti bayi akan selalu menolak menyusu pada ibu, diperlukan kesabaran ibu untuk menghadapi hal ini.
  • Usia bayi. Akan lebih mudah melakukan relaktasi ataupun induksi laktasi pada bayi baru lahir sampai bayi berusia kurang dari 8 minggu. Ada laporan keberhasilan relaktasi pada ibu-ibu dengan anak berusia lebih dari 12 bulan.
  • Lamanya waktu laktasi terhenti (breastfeeding gap). Umumnya relaktasi akan lebih mudah bila waktu terhentinya laktasi belum lama. Ada laporan keberhasilan relaktasi pada anak berusia lebih dari 12 bulan yang sudah lama terhenti laktasinya.
  • Pengalaman makan bayi selama terhentinya laktasi. Bayi yang diberikan minum dengan cangkir pada fase transisi perubahan pemberian minum, akan lebih mudah menyusu pada ibu dibandingkan mereka yang mendapat minum dengan menggunakan botol susu.
  • Sudah mendapat makanan pendamping. Relaktasi akan sulit dilakukan pada bayi yang sudah mendapat makanan pendamping. Dianjurkan untuk tidak mengenalkan makanan pendamping sebelum bayi berusia 6 bulan, kecuali saat bayi sudah berusia 4-5 bulan tidak mengalami kenaikan berat badan sesuai dengan umur dan jenis kelamin bayi.

Percaya diri, kesabaran dan motivasi yang kuat adalah kunci utama keberhasilan program relaktasi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar