Sukses

Flek Coklat di Luar Menstruasi

06 Jan 2017, 19:17 WIB
Wanita, 25 tahun.

saya ingin menanyakan dok,,terakhir menstruasi tanggal 27 november 2016- 3 desember 2016,kemudian pada tanggal 12 desember muncul flek kecoklatan selama 4 hari, dan pada waktu itu badan terasa panas,lemas,pusing,sering mengantuk,mual dan sering makan,dan perasaan menjadi sensitif,,,siklus menstruasi pada bulan bulan sebelumnya adalah 21 hari, lalu pada kemarin sore muncul darah seperti haid,disertai kram perut haid,,,menurut dokter ini kenapa ya,saya sudah testpack 2 kali namun hasilnya negatif,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bercak darah yang Anda maksudkan kami asumsikan merupakan flek-flek yang muncul yang bisa jadi merupakan sisa dari darah menstruasi.

Warna flek-flek berkisar dari merah, coklat, hingga kehitaman. Flek-flek berwarna kecoklatan yang keluar lewat vagina dapat saja masih normal karena sisa dari menstruasi. Untuk menghilangkannya hanya perlu menunggu waktu, karena bila benar flek-flek tersebut merupakan sisa darah menstruasi, maka flek tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Perhatikan apakah saat ini masih ada flek yang muncul. Bila tetap ada, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jika masih dalam batas kewajaran, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika banyak, terjadi cukup sering dan dalam waktu lama, mungkin telah terjadi perdarahan diluar siklus haid. Perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi. 

Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Flek memang dapat diakibatkan oleh penempelan janin pada rahim atau yang lebih dikenal dengan tanda haart man. tanda tersebut biasa terjadi pada kehamilan.

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar