Sukses

Penyakit Jantung Bawaan Apakah Bisa Sembuh

04 Jan 2017, 19:12 WIB
Wanita, 24 tahun.

dokter, ank sya usia 5 bln di vonis pnyakit jantung bawaan, kata'y bocor'y lumayan parah kira2 bisa sembuh ga dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Penyakit jantung bawaan (PJB) adalah penyakit jantung yang didapatkan sejak kecil akibat defek atau kelainan pada jantung. PJB ini dapat diketahui pada saat lahir, masa anak-anak, atau dewasa. Penelitian membuktikan bahwa mutasi genetik, factor lingkungan, infeksi saat kehamilan, dan keracunan dapat menyebabkan atau berperan di dalam gangguan pembentukan jantung. Meskipun begitu, terdapat beberapa kelainan bawaan yang tidak diketahui penyebabnya.

Kelainan jantung bawaan terbagi atas :

  1. Kelainan sianotik. Kelainan sianotik memiliki pengertian bahwa bayi mempunyai gejala klinis biru pada kulit dan membrane mukosa (bibir) yang disebabkan karena peningkatan konsentrasi hemoglobin deoksigenasi (hemoglobin yang tidak mengandung oksigen). Sianosis tersebut terjadi akibat dari aliran darah atau hemoglobin yang miskin akan oksigen mengalir dari bagian kanan jantung ke bagian kiri jantung (right to left shunt) dan mengalir ke seluruh tubuh (akibat dari defek atau kerusakan sekat jantung). Darah yang miskin akan oksigen tidak dapat memenuhi kebutuhan oksigen jaringan sehingga menimbulkan gejala klinis kulit dan membrane yang berwarna kebiruan
  2. Kelainan asianotik yaitu kelainan bawaan pada janin yang tidak menimbulkan keluhan kebiruan. Kelainan asianotik meliputi kelainan yang berasal dari left to right shunt atau aliran darah jantung kiri mengalir ke jantung kanan. Gangguan asianotik diantaranya adalah gangguan intrakardiak (di dalam jantung), stenosis atau regurgitasi katup jantung (katup jantung sulit membuka atau tidak dapat menutup sempurna).

Pasien dengan PJB, terutama yang diketahui ketika dewasa umumnya akan merasakan gejala atau keluhan sesak napas dan perasaan mudah lelah.

Mengenai pertanyaan Anda apakah PJB bisa sembuh. Hal tersebut tergantung pada jenis PJB yang Anda alami dan terapi apa saja yang sudah dilakukan. Pada prinsipnya, PJB harus ditangani sedini mungkin, jika memang ditemukan saat usia anak-anak maka segera lakukan terapi atau tindakan operasi jika diperlukan. Jika sudah muncul komplikasi pada PJB seperti gagal jantung maka kemungkinan untuk sembuh kecil. Yang dapat dilakukan adalah mencegah perburukan penyakit dan mencegah komplikasi lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar