Sukses

Penyebab Sperma Bercampur Darah

03 Jan 2017, 21:48 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok, saya punya keluhan mengenai organ reproduksi saya. ketika saya ejakulasi, terdapat darah yang bercampur dengan sperma. warnanya menjadi pink, tetapi tidak terasa sakit. saat buang air kecil pun tidak terasa sakit. itu gejala apa ya dok? apa yang seharusnya saya lakukan? saya khawatir sekali

 

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Secara normal pada saat ejakulasi, akan dikeluarkan cairan ejakulat yang berwarna putih karena memiliki banyak kandungan sperma yang kaya akan protein. Sperma ini dihasilkan oleh testis dan baru akan dikeluarkan bersama dengan air mani saat ejakulasi.

Cairan mani  (semen) yang normal umumnya berwarna putih atau keabu-abuan. Namun warna semen dan konsistensi dapat bervariasi tergantung usia, makanan dan frekuensi ejakulasi. Pada awal ejakulasi, semen terlihat tebal dan lengket, namun akan mencair 20-30 menit kemudian.

 

Konsistensi dan warna semen tidak normal

 

Kemungkinan penyebab

 

kekuningan, kehijauan atau keemasan

 

infeksi prostat

 

bercak kekuningan

 

adanya urin pada semen

 

tebal, bergumpal seperti jelly 

 

defisiensi hormon pria

 

merah muda, merah atau cokelat tua

 

perdarahan prostat

 

Perubahan pada penampakan semen umumnya bersifat sementara dan bukanlah suatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika perubahan warna ini menetap hingga tiga sampai empat minggu dan disertai keluhan nyeri saat ejakulasi bahkan perdarahan (keluar cairan merah/kecoklatan dari kemaluan), maka kami sarankan Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi untuk tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar