Sukses

Bahayakah Scaling Pada Pasien Pasca Stroke?

03 Jan 2017, 15:02 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok ayah saya pasca stroke usia 58 apakah boleh membersihkan karang di giginya dan apakah bahaya pengaruhnya ke syaraf apabila melakukan scaling gigi?? Mohon responnya dok terimakasih

Halo Fida,

Kami memahami keadaan yang anda alami. Pada pasien yang telah mengalami stroke maka kita perlu benar-benar menjaga kesehatan tubuhnya dan juga kesehatan giginya. Jangan sampai ada terkena factor pemicu stroke lainnya. Pembersihan karang menggunakan alat scaler tidak berbahaya dan tidak berpengaruh pada saraf pusat. Namun sebaiknya pasien diberi pemahaman yang sejelas-jelasnya mengenai tindakan scaling, bunyi alatnya, rasa selama pengerjaannya, serta tujuan utama kita dalam pembersihan gigi agar pasien tidak merasa tegang atau was-was dan bisa bersikap kooperatif saat pengerjaannya.

Pembersihan karang gigi dilakukan 6 bulan sekali dan sekalian untuk memonitor kesehatan rongga mulut anda. Karena banyak sekali penyakit sistemik/umum yang gejala awalnya nampak di dalam rongga mulut.

Kami sarankan agar anda menetapkan tindakan pembersihan karang gigi pada ayah anda sebagai jadwal rutin 6 bulan sekali dalam rangka menjaga kestabilan serta memonitor keadaan tubuh pasien pasca stroke.

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar