Sukses

Gejala Alergi Setelah Minum Susu Formula

03 Jan 2017, 21:37 WIB
Pria, 0 tahun.

Kami memberi anak kami bmt morinaga platinum efeknya: Warna bab hijau. Bab 4x sehari. Muka merah. Suara nafas grok grok grok. Sering ngulet. Mohon penjelasannya?

Halo, terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Apakah sebelum mengkonsumsi susu tersebut, anak Anda sudah pernah diperkenalkan produk susu sapi? Apabila ini adalah kali pertama anak diperkenalkan susu sapi dan muncul reaksi tersebut, maka tidak menutup kemungkinan apa yang dialaminya adalah tanda- tanda anak mengalami alergi susu sapi.

Alergi susu sapi merupakan reaksi sistem pertahanan tubuh terhadap faktor (fraksi protein) yang terkandung dalam susu. Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) dan sebagian lainnya gejalanya baru muncul setelah beberapa waktu (reaksi lambat).

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

  1. Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),

  2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan

  3. Saluran pernapasan (4-25%).

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

  • - Sakit perut

  • - Mual

  • - Muntah

  • - Sesak napas atau mengi

  • - Ruam, bengkak, gatal pada kulit

  • - Diare

Anak yang mengalami alergi susu sapi yang melibatkan antibodi IgE memiliki risiko besar mengalami alergi terhadap lingkungan (polutan, debu, dan lainnya). Untuk saat ini, saya sarankan pemberian susu sapi tersebut ditunda dan Anda membawa anak berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memastikan apakah benar reaksi yang anak Anda alami adalah alergi susu sapi. Setelah itu dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan diagnosis pasti. Bila memang benar alergi susu sapi, salah satu kemungkinan penanganannya adalah dengan pemberian susu soya hingga setidaknya anak berusia 1 tahun.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar