Sukses

Nyeri PInggul Saat Hamil dengan Riwayat Jatuh

03 Jan 2017, 07:58 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalamualaikum dok.. Saya pernah cedera di tulang ekor,pinggul belakang bagian kanan, beberapa tahun yang lalu pernah terjatuh dari sepeda motor dengan posisi terduduk,kalau kecapekan dan setelah melakukan kegiatan fisik yang berat pinggul terasa sakit sekali,bahkan ketika bersin harus menahan nyeri di pinggul,tidak bisa bangun dari tempat tidur dan tidak bisa berjalan.. Sekarang saya sedang hamil 13 minggu dok.. Bagaimana treatment yang tepat dok?agar sakitnya hilang terutama nanti saat hamil tua?apakah harus operasi dok,apakah tidan berbahaya untuk janin yang sekarang saya kandung? Sebelumnya,setelah jatuh pada saat itu tidak pernah diperiksakan ke dokter samasekali,hanya minum obat cataflam jika terasa nyeri Terimakasih dok,mohon jawabannya..

Terima kasih atas kesetiaan Anda dalam menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan pinggul yang terasa berat perlu ditelusuri lebih jauh. 

Pada ibu hamil, pinggang dan punggung dapat terasa pegal ketika mulai memasuki trimester kedua dan ketiga. Hal ini disebabkan karena terjadi peregangan otot karena kehamilan yang membesar. Selain itu juga otot dipersiapkan lebih meregang untuk menghadapi persalinan. Hal ini biasa dan wajar terjadi. Bila berjalan kaki/berdiri terlalu lama maka dapat membuat pegal-pegal terasa lebih berat. Namun nyeri pasti akan bertambah jika sebelumnya Anda mempunyai riwayat jatuh. 

Untuk mengatasinya, ibu dapat melakukan:

1. Peregangan otot yang ringan seperti dengan berenang.

2. Bila beraktivitas saat duduk maupun berdiri sebaiknya dalam posisi tegak.

3. Hindari untuk berdiri terlalu lama. Bila harus berdiri terlalu lama, maka perlu diselingi dengan istirahat dengan berbaring miring dengan mengalaskan kaki dengan bantal.

4. Gunakan sepatu yang nyaman dan hindari sepatu hak tinggi.

5. Bila perlu, lakukan pemijatan ringan pada bagian punggung atau mandi/berendam dengan air hangat.

Berikut kami sertakan artikel Keluhan-Keluhan Selama KehamilanAgar Tetap Nyaman Selama Hamil, dan Ibu juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi mengenai masa kehamilan dan menyusui.

Jika keluhan masih terasa kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis saraf terlebih dahulu agar dapat diperiksa fisik secara menyeluruh di bagian pinggul yang tarasa nyeri.

beberapa tips di atas tidak mengurangi gejala nyeri yang Anda rasakan. Kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar