Sukses

Mengatasi Kulit Berjerawat dan Berminyak

03 Jan 2017, 07:52 WIB
Pria, 16 tahun.

halo dok saya mengalami kulit berjerawat dan minyak dikulit saya banyak, bagaimana cara mengatasinya dok, dan saya sering menggunakan masker beras tapi tetap hasilnya. mohon bantuannya dok!

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada kulit berminyak biasanya jerawat mudah terjadi. Kulit berminyak mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ‘menangkap’ kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibandingkan jenis kulit kering. Sehingga, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit. 

Cara mengatasi kulit berminyak yaitu dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel, kemudian gunakan air dingin untuk mencuci wajah dengan sabun muka.

Perawatan wajah dengan benar membantu mengontrol jerawat dan mendukung pengobatan.

Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah 2 kali sehari, terutama sebelum tidur. Jika kulit sedang dalam kondisi berjerawat maka sebaiknya menggunakan pembersih wajah untuk kulit berjerawat dan dengan kandungan pH yang sesuai dengan kondisi kulit.

Apa saja penanganan jerawat yang sudah Anda lakukan? Bagaimana tingkat kepatuhan Anda? 

Jika keluhan dirasakan semakin menganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelaminan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar