Sukses

Apakah Kutil Kelamin Dapat Menular Melalui Sentuhan?

02 Jan 2017, 08:48 WIB
Pria, 23 tahun.

Malam dok, saya mau tanya. Saya mengindap genital warts kurang lebih empat bulan ini dan sudah ditangani oleh dokter kulit dirumah sakit. Bbrp hari yg lalu saya mendapati keponakan saya (usia 1thn 8 bulan) memiliki dua kutil diperutnya dan skrg sisa 1 yg msh tumbuh dan menurut ortunya sudah satu bulan ini terjadi. Pertanyaan saya. Apakah ini kemungkinan saya menulari keponakan saya melalui tangan atau kontak tubuh yg lain? Mengingat saya sdh memiliki hpv (hanya genital warts) dan srg berpelukan atau mencubit pipi keponkan saya. Saya sangat takut dan merasa bersalah apabila keponakan saya mengidap hpv dan lebih2 apabila sampai ada dikelamin dia. Trm ksh dok atas jawabannya.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya, memang benar bahwa virus HPV dapat ditularkan melalui sentuhan kulit. Misalnya secara tidak sengaja anda menyentuh keponakan anda setelah memegang bagian kelamin anda yang mengalami kutil tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Apalagi, anak memiliki daya tahan tubuh yang masih dalam tahap perkembangan sehingga anak lebih mudah terinfeksi segala macam kuman. Untuk itu, kami sarankan untuk memastikan pengobatan kutil baik pada anda ataupun pada keponanakan anda. Untuk selanjutnya, biasakan mencuci tangan sebelum memegang anak kecil.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar