Sukses

Apakah Vitamin C Dapat Memperlancar Haid?

01 Jan 2017, 22:55 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok bulan ini saya telat dapat haid, apakah dengan konsumsi vitamin c yang tinggi dapat membantu mempercepat datangnya haid?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjelaskan mengenai keterlambatan haid, terlebih dahulu kami akan menjelaskan siklus haid normal. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus haid ini dapat maju ataupun mundur. Selain kehamilan, terlambat menstruasi juga dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

  • Stres dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  • Gangguan indung telur
  • Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

Vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi. Namun demikian sebenarnya peranannya dalam melancarkan haid tidak selalu memberikan hasil seperti yang diharapkan karena telah dijelaskan bahwa penyebab dari keterlambatan haid itu sendiri bermacam-macam. 

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar