Sukses

Sakit Kepala Sebelah Hingga Mata

01 Jan 2017, 22:38 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok, knp sya sering sakit d kepala bagian kiri.. Mulai dri kepala depan sampai kepala belakang, kadang sampai untuk membuka mata sangat sulit, karena sakit ny smpai d mata bagian kiri... Tks dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya, segara garis besar sakit kepala dapat dibagi menjadi sakit kepala primer (fungsional) dan sekuder (organik).  Apa bedanya? Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan  tension type headache, cluster headache. Biasanya sakit kepala jenis ini dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, stres, dll. 

 Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak biasanya memiliki ciri sakit kepala yang semakin lama semakin berat intensitasnya dibandingkan sakit kepala sebelumnya, biasanya juga disertai dengan gangguan neurologis (saraf), misalnya gangguan penglihatan, kelemahan tubuh sesisi, dll.

Dari keluhan anda, sebenarnya masih sulit bagi kami untuk menentukan apa penyebab sakit kepala anda. Namun demikian, gejala yang anda rasakan lebih mengarah kepada gejela sakit kepala migrain (nyeri kepala sebelah) atau cluster (nyeri kepala hebat hingga ke mata).

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Untuk sementara anda perlu beristirahat, melakukan teknik relaksasi, serta minum obat penghilang nyeri seperti parasetamol bila perlu. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar