Sukses

Nyeri Pinggang, Tanda Sakit Ginjal?

03 Jan 2017, 01:01 WIB
Pria, 64 tahun.

Dok, ayah saya mengeluh sakit pinggang belakang, katanua sakitnya menyebar ke arah perut, warna kencingnya pernah merah, tidak bisa BAB, mual, pusing. Sebelumnya ayah saya sering sekali minum obat piroxicam, dexaharsen, dan mefinal untuk asam uratnya. Saya takut ini efek dari obat tersebut dan menyerang ginjalnya. Kira-kira ayah saya kenapa ya dok ? Makasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di www.klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda akan apa yang dialami oleh ayah Anda. Adanya nyeri pinggang yang menjalar disertai dengan riwayat buang air kecil yang berwarna kemerahan memang merupakan suatu pertanda kemungkinan besar ada masalah pada ginjal ayah Anda. Gangguan ginjal tersebut dapat disebabkan karena infeksi, batu di saluran kemih, atau adanya gagal ginjal kronik.

Hal ini diperkuat dengan adanya faktor risiko pada ayah Anda yaitu adanya gangguan asam urat (asam urat merupakan zat yang "jahat" bagi ginjal) dan adanya kebiasaan mengkonsumsi obat antinyeri yang penggunaannya secara jangka panjang sangat tidak aman bagi ginjal.

Untuk memastikan diagnosis, sebaiknya ayah Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter ahli penyakit dalam dapat membantu menangani ayah Anda. Pemeriksaan laboratorium awal seperti pemeriksaan darah rutin,ureum, kreatinin urinalisis diperlukan untuk ayah Anda.

Demikian yang dapat kamis ampaikan Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar