Sukses

Kunyit untuk Alzheimer

02 Jan 2017, 06:32 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dokter apakah benar kunyit mengobati Alzheimer?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

 

Sistem saraf yang normal dapat melakukan 3 proses berikut yakni komunikasi antar sel, metabolisme, dan perbaikan sel saraf. Pada penyakit Alzheimer's Disease (AD), terdapat gangguan pada proses ini yang diakibatkan berhentinya kerja beberapa sel saraf, atau hilangnya komunikasi antara sel saraf, hingga kematian sel saraf. Akibatnya timbul gejala gangguan ingatan, perubahan kepribadian, gangguan beraktivitas sehari-hari, dan sebagainya bergantung pada area persarafan yang terkena.

 

Penderita Alzheimer memiliki kadar acetylcholine yang rendah. Acetylcholine berperan dalam komunikasi saraf, yakni merupakan suatu neurotransmitter atau pembawa sinyal saraf dari satu sel saraf ke sel saraf lainnya. Acetylcholinesterase merupakan enzim yang bekerja memecah acetylcholine dalam otak. Acetylcholinesterase inhibitor adalah obat yang ditujukan untuk mencegah proses pemecahan ini terjadi, sehingga kadar acetylcholine dalam otak tetap terjaga.

Acetylcholine memiliki 2 reseptor yakni reseptor nikotinik dan muskarinik. Reseptor ini bekerja mengikat acetylcholine dan meneruskan sinyal saraf. Pada penderita Alzheimer's, kedua reseptor ini juga menurun jumlahnya sehingga timbul gangguan fungsi kognitif, memori, kontrol motorik, dsb. Pada otak penderita Alzheimer juga terdapat pembentukan plak protein beta amiloid yang dapat berikatan dengan reseptor nikotinik dan muskarinik sehingga mengganggu fungsi kerjanya, serta hilangnya neuron, dan perubahan patologi lainnya. 

Untuk itu strategi pengobatan AD antara lain menghambat pemecahan acetylcholine dengan obat acetylcholinesterase inhibitor, serta memperbaiki fungsi kognitif dengan merangsang reseptor acetylcholine yakni reseptor nikotinik dan muskarinik. Obat yang digunakan antara lain acetylcholinesterase inhibitor (cholinesterase inhibitor) dan NMDA receptor antagonist. Kedua pengobatan tersebut merupakan pengobatan simptomatik untuk mengatasi gejala yang timbul pada AD.

Penggunaan kunyit untuk pengobatan Alzheimer tidak umum dilakukan di kalangan medis,

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar