Sukses

Mens Setiap 3 Bulan

31 Dec 2016, 22:25 WIB
Wanita, 23 tahun.

Mlm dok Kebetuln sya sering telat dtng bulan. Biasanya ampe 3 bln gk menstruasi.agk takut juga siy dok. Apakah akan bahaya buat kandungan? Ataau aada penyakit tertentu? Mohon bantuannya dok. Trimakasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menyimpulkan terlebih dahulu informasi yang Anda sampaikan. Keluhan Anda adalah menstruasi yang berlangsung 1 kali dalam 3 bulan. Apakah riwayat menstruasi Anda pernah teratur setiap bulannya? 

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
  • perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
  • perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stres psikologis
  • atlit
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid, dsb

Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu. Namun seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa keluhan menstruasi tidak teratur wajar ditemukan selama 3 hingga 5 tahun sejak mendapatkan menstruasi pertama. Hal ini terjadi karena tubuh masih melakukan upaya penyesuaian terhadap kondisi hormonal yang dapat mempengaruhi keseimbangannya.

Memang bisa saja siklus tersebut merupakan siklus normal Anda dan tidak memiliki efek langsung terhadap kesehatan Anda. Namun jika Anda merasa khawatir dan timbul beberapa keluhan, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG atau pemeriksaan hormon untuk mengetahui masalah yang Anda alami.  Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar