Sukses

Gusi Berdarah Saat Pakai Pasta Gigi Sensitif

31 Dec 2016, 22:11 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya may tanya semenjak pake pasta gigi sensitive ko suka berdarah ya giginya klu lgi sikat Gigi, itu knpa ya dok ? Makasih

Halo Dahlia,

Kami memahami keadaan yang anda alami. Sebelumnya kami ingin menjelaskan bahwa Gusi berdarah adalah salah satu tanda adanya peradangan pada gusi. Penyebab yang spesifik sulit ditentukan karena kemungkinannya cukup banyak, namun peradangan gusi yang dalam bahasa kedokteran disebut Gingivitis paling sering disebabkan oleh kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Penumpukan plak di permukaan gigi terutama di sekitar leher gigi dan penumpukan kalkulus yaitu karang gigi, kedua hal tersebut menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang menyebabkan terjadinya gingivitis.

Perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil. Selain itu Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain killers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi, Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan atau menyikat gigi terlalu keras, Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C, Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Apakah ada salah satu penyebab diatas yang anda alami? Jika iya maka segera periksakan keadaan rongga mulut anda ke dokter gigi agar dapat segera ditemukan penyebab anda sikat gigi berdarah. Sedangkan hubungan gusi berdarah dengan pasta gigi sensitive sampai sekarang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa keduanya memiliki keterkaitan.

Sebelumnya kami ingin menanyakan, apakah alasan anda untuk menggunakan pasta gigi sensitive? Apakah gigi anda mengalami hipersensitifitas? Jika iya, maka pada saat berkunjung ke dokter gigi jangan lupa untuk mengungkapkan keluhan gigi sensitive anda. Dokter gigi akan membantu untuk menemukan penyebab serta posisi gigi mana yang mengalami hipersensitifitas. Kemudian akan membuat rencana perawatan untuk mengatasi keluhan gigi sensitive anda.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar