Sukses

Gendang Telinga Robek?

29 Dec 2016, 13:02 WIB
Pria, 37 tahun.

Selamat Pagi Dok, Saya menderita sakit telinga kanan sejak masih umur 8th Sekarang sudah 37th, awal dari sakit telinga kanan Saya karena kemasukan air waktu masih kecil dalam jumlah banyak, waktu main selang air dengan sengaja air diarahkan ke telinga kanan (namanya juga anak2) setelah ITU Saya tdk pernah absen ke Dok Tht dari mulai Klinik puskesmas sampai ke RS khusus THT proklamasi, Dan ternyata gendang telInga kanan sudah robek Lebih dari 50%. Disarankan untuk operasi, Tapi Saya masih Takut resikonya.. mohon masukannya Dok..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Mengenai apakah gendang telinga anda bisa kembali seperti normal atau tidak, dibutuhkan pemeriksaan yang lebih mendalam untuk mengetahui perjalanan penyakit yang Anda derita dan seberapa parah kerusakan yang telah terjadi pada gendang telinga Anda.

Bila luka kecil dan tidak ada infeksi, maka ada kemungkinan untuk sembuh sendiri. Untuk waktunya berbeda-beda tiap orang. Tergantung juga dari letak lubang. Bagaimana dengan Anda?

Pada beberapa kondisi juga terkadang memerlukan tindakan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk menghentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat.  Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi. 

Tergantung dari kerusakan atau bolong yang dialami pada gendang telinga serta waktu mengalaminya, dokter spesialis THT dapat melakukan observasi untuk melihat apakah membran tersebut dapat menyambung kembali secara alami atau harus melalui operasi. Jika ternyata cukup besar dan sudah terlalu lama terjadi maka diperlukan operasi. 

Untuk mengetahui kondisi kerusakan gendang telinga Anda, apakah masih dapat sembuh sendiri atau memerlukan intervensi lebih lanjut, kami sarankan anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT Anda, guna dilakukan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk menentukan diagnosis yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Medis KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar