Sukses

Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil

29 Dec 2016, 14:17 WIB
Wanita, 24 tahun.

Halo dokter, saya hamil usia 30W, dibagian bawah perut saya terdapat strech mark yg berwarna kemerahan. Apakah bisa dihilangkan walaupun tidak 100%? Bolehkan dioleskan krim merek Derma**k saat hamil? atau harus menunggu setelah kelahiran? Terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi tanya dokter Klikdokter.com

Stretch Marks pada masa kehamilan memang dapat menjadi suatu sumber kegelisahan tertentu bagi Ibu hamil. Bila stretch marks tidak terlalu luas, Ibu tidak perlu khawatir karena lama kelamaan akan menghilang dan tidak membutuhkan penanganan khusus.  Namun, jika stretch marks pada Ibu hamilmengenai bagian tubuh cukup luas maka sebaiknya Ibu mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah stretch marks yang Ibu alami merupakan kondisi yang normal terjadi atau diperlukan pemeriksaan hormonuntuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan lain yang mendasari stretch marks

Ketika menemui dokter, Ibu dapat mendiskusikan dengan dokter pilihan penanganan apa yang paling tepat untuk membantu memperbaiki stretch marks Ibu. Dokter akan membantu Ibu untuk mempelajari beberapa pertimbangan seperti usia stretch marks, kelebihan dan kekurangan suatu metode penanganan dan perbandingan biaya.

Pilihan-pilihan penanganan stretch marks saat ini meliputi:

  1. Krim tretinoin. Krim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang usianya kurang dari 2-3 bulan dan masih berwarna kemerahan. Penggunaan krim tretinoin pada stretch marks yang berusia lebih dari 2-3 bulan tidak efektif. Namun, krim tretinoin tidak dapat digunakan pada Ibu hamil dan menyusui.
  2. Terapi Laser. Penanganan dengan laser bertujuan untuk menstimulasi pembentukan kolagen, elastin atau melanin di kulit. Penggunaan tipe laser berbeda-beda bergantung dengan usia dan lokasi stretch marks serta warna kulit Ibu.
  3. Mikrodermabrasi. Penanganan dengan mikrodermabrasi bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit yang paling luar dan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Penanganan dengan mikrodermabrasi ini efektif untuk stretch marks yang usianya sudah lama.

Produk-produk yang dijual bebas seringkali tidak terlalu banyak membantu, meskipun tidak berbahaya. Namun, Ibu hamil perlu selalu mengkonsultasikan dengan dokter untuk setiap pemakaian obat-obat oles yang hendak digunakan untuk mengatasi ketidaknyamanan karena stretch marks. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar