Sukses

Usia Kehamilan HPHT Berbeda dengan Hasil USG

28 Dec 2016, 21:21 WIB
Wanita, 24 tahun.

Halo dokter, saya ingin menanyakan hasil USG saya. Saya USG tgl 23/12/2016, HPHT saya 31/05/2016, HPL 07/03/2017. Kalau berdasarkan HPHT saya seharusnya 29W3D ya dok?, dari hasil USG ; 1. BPD = 7.00cm (GA=28W1d, EDD=16/03/17) 2. AC = 25.37cm (GA=29W4d, EDD=06/03/17) 3. FL = 7.00cm (GA=28W1d, EDD=04/03/17) EFW = 1407gr Pertanyaan saya, kenapa usia BPD-nya lebih muda dari HPHT? Apakah tidak apa2? Apakah BB janin sesuai dengan usia kehamilan? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

 Perhitungan kehamilan memang dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu melalui perhitungan manual dengan hari pertama haid terakhir (HPHT) dan perhitungan melalui Pemeriksaan USG janin. Perhitungan melalui HPHT hanya dapat dipercaya apabila siklus menstruasi Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Perhitungan HPHT juga umumnya lebih dapat dipercaya pada trimester pertama perkembangan janin dikarenakan pemeriksaan USG yang belum adekuat. Kekurangannya adalah ibu seringkali lupa akan kepastian tanggal hari pertama mengalami haid terakhir sebelum hamil, sehingga perhitungan ini tidak jarang meleset dari usia kehamilan sebenarnya.

Apabila sudah memasuki trimester ketiga. Perhitungan usia kehamilan lebih baik dilakukan melalui pemeriksaan USG. Hal ini dikarenakan pemeriksaan USG pada trimester ketiga sudah lebih baik dan lebih akurat karena ukuran janin yang sudah cukup besar.

Teori di atas pun telah dibuktikan melalui penelitian. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya. Meski demikian, perlu diingat bahwa hasil tersebut pun memiliki kemungkinan kesalahan (meski tidak terlalu besar), mengingat sifatnya yang operator-dependen (bergantung pada operator/pemeriksa).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar