Sukses

Susu Formula Penambah ASI

28 Dec 2016, 22:48 WIB
Wanita, 28 tahun.

Susu terbaik untuk bayi apa yang bisa sebagi tambahan asi,_????

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Memang ASI merupakan makanan terbaik bagi setiap bayi. Enam bulan pertama kehidupan seorang bayi diberikan ASI saja atau yang disebut dengan ASI eksklusif. Namun, setelah itu Anda dapat mulai memberikan makanan pendamping ASI ( MPASI).  Buah-buahan dalam bentuk jus ataupun makanan padat  dalam bentuk cair seperti bubur susu ataupun nasi tim saring sudah dapat diberikan. Untuk membaca mengenai jenis makanan dan jadwal makanan pendamping ASI dapat Anda baca pada artikel kami dengan cara menekan klik kiri pada judul berikut  Makanan Balita.

Berikut contoh jadwal pemberian ASI dan MPASI pada bayi usia 6-8 bulan. 

 

6 - 8

ASI

4 hingga 5

Pukul : 06.00 / 10.00 / 14.00 / 18.00 / 21.00

 

Buah

1

Pukul : 16.00

 

Bubur Susu

1

Pukul : 08.00

 

Nasi Tim Saring

1

Pukul : 12.00

 

Pada masa transisi ini,  ASI maupun susu formula harus tetap diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi.  Susu formula bentuk bubuk harus dilarutkan dengan air sesuai dengan instruksi pada label. Susu formula bentuk bubuk tidak steril, sehingga dalam persiapannya memerlukan penanganan secara hati-hati untuk mencegah kontaminasi dan meminimalisasi perkembangbiakan bakteri. 

Umumnya, jika Anda telah memulai pemberian MPASI dalam jadwal makanan bayi Anda, kebutuhannya akan susu formula menjadi menurun hingga sekitar 720 ml dalam sehari yang pemberiannya dapat dibagi menjadi 4-5 kali. Namun setiap bayi itu unik, dan setiap bayi memiliki perbedaan dari setiap kali pemberian makan bahkan dari hari ke hari. Jangan pernah memaksakannya memberikan berlebihan, namun juga jangan biarkan ia hingga mengecap-ngecap bibirnya. Bayi yang sering meludah akan lebih baik jika diberikan dalam porsi yang lebih sedikit namun lebih sering. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar