Sukses

Normalkah Mual Muntah Saat Hamil 16 Minggu?

27 Dec 2016, 11:38 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok saat ini saya sedang mengandung anak pertama. kehamilan saya saat ini menuju 16 weeks. yg jadi pertanyaan berat badan saya tak kunjung bertambah dan nafsu makan belum bagus. apakah ini normal? di usia kehamilan berapa minggu saya idealnya mulai nafsu makan & bb bertambah? terimakasih

 

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Mual dan muntah merupakan gejala yang wajar ditemukan pada kehamilan triwulan pertama. Biasanya mual dan muntah terjadi pada pagi hari sehingga sering dikenal dengan morning sickness. Sementara setengah dari wanita hamil mengalami morning sickness, 1,5 – 2 % mengalami hiperemesis gravidarum, suatu kondisi yang lebih serius. Hiperemesis gravidarum sendiri adalah mual dan muntah hebat dalam masa kehamilan yang dapat menyebabkan kekurangan cairan, penurunan berat badan, atau gangguan elektrolit sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan membahayakan janin di dalam kandungan. Pada umumnya HG terjadi pada minggu ke 6 - 12 masa kehamilan, yang dapat berlanjut sampai minggu  ke 16 – 20 masa kehamilan. Apakah Anda memiliki riwayat gangguan maag sebelumnya? Bagaimana dengan ukuran kehamilan Anda saat ini?

Mual muntah pada kehamilan dapat dikurangi dengan makan makanan ringan dengan porsi kecil namun sering. Selain itu, penambahan vitamin B6 juga diketahui dapat membantu ibu hamil melewati masa- masa mual muntah ini. Bila setelah usia kandungan 20 minggu mual muntah masih berlangsung, saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda. Dokter akan menganjurkan beberapa pemeriksaan sesuai dengan hasil wawancara dan pemeriksaan fisik secara langsung kepada Anda. Pemeriksaan tersebut ditujukan untuk mencari penyebab dan menilai gangguan-gangguan yang mungkin terjadi akibat mual-muntah yang telah Anda alami yang sebenarnya tidak wajar dialami pada usia kehamilan Anda. 

Berikut saya sertakan artikel:

Agar Tetap Nyaman Saat Hamil

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar