Sukses

Gigi Anak Terkena Benturan Keras

26 Dec 2016, 19:11 WIB
Wanita, 32 tahun.

dok, anak saya umur 1 tahun 8 bulan, kemaren itu anak saya lari-lari bagian mulutnya terbentur keras meja rias, pada waktu kejadian berdarah, saya tidak berani apa apain karena juga anaknya berontak hebat kalo mau diliatin mulutnya, waktu saya kasih minum pake sedotan waktu itu menangis, mungkin karena kesakitan, hari kedua masih meringis kalo minum pake sedotan trus saya intip intip mulutnya ketika mulutnya kebuka gusinya agak berwarna ungu ungu kehitaman kaya warna kalo kita memar, sampe sekarang hari ketiga dia susah minum pake sedotan soalnya minum langsung cangkir juga ga bisa, saya ga pegang giginya sih apakah goyang atau tidak, bagaimana mengatasi rasa nyeri dia ketika menggigit makanan dan minum melalui sedotan (karena biasa minum pake sedotan, sedotannya digigit, terima kasih ya dok atas jawabannya. terima kasih

Halo Meirinda,

Kami memahami keadaan yang anda alami. Pada anak memang sering terjadi kasus seperti ini, gigi anak terkena benturan keras/trauma, kadang bisa  menyebabkan gigi goyang, patah maupun lepas. Dalam kasus anda akan lebih baik apabila anda bisa mengecek dan memegang apakah giginya goyang atau tidak. Jika tidak goyang maka anda bisa memberikan obat sirup pereda nyeri yang mengandung paracetamol atau ibuprofen, biasanya dijual bebas di apotik. Namun jika ternyata gigi goyang atau otek, anda perlu memonitornya selama 3 hari sambil memberikan obat sirup tersebut. Jika masih goyang dan rasa sakit yang ditandai dia tidak mau menggunakan sedotan masih ada maka segera periksakan ke dokter gigi. Gusi yang berwarna ungu kehitaman benar merupakan reaksi memar akibat kena benturan, yang lama kelamaan akan diserap oleh tubuh. Yang perlu diperhatikan saat memonitor keadaan gigi anda adalah apakah giginya berubah warna menjadi coklat atau keabu-abuan. Jika berubah warna dan anakpun sudah tenang, sebaiknya periksakan ke klinik atau rumah sakit agar dapat diperiksa secara langsung oleh dokter gigi. Warna gigi yang berubah kecoklatan adalah salah satu tanda gigi sudah non vital, dan pembengkakan gusi di daerah akar juga adalah akibat infeksi dan inflamasi setelah trauma benturan tersebut. Kalau sudah begitu, gigi harus terlebih dahulu dilakukan perawatan saluran akar.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar