Sukses

Hubungan Sakit Jantung dan Sakit Lambung

25 Dec 2016, 22:56 WIB
Pria, 35 tahun.

seseorang yg terkena penyakit jantung ( jantung koroner / masalah pada katub aorta jantung ) apa juga mempengaruhi pencernaan ( lambung ) ya dok.. rasa mual dan muntah.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sesuai dengan pertanyaan Anda, bahwa apakah ada hubungannya antara sakit jantung dan lambung? Jawabannya adalah ada. Hal ini bisa terkait pengobatan yang biasanya diberikan pada penderita sakit jantung, dimana biasanya diberikan pengencer darah seperti aaspilet yang dapat menyebabkan perlukaan pada lambung. Namun, bisa juga penyakit ini berdiri sendiri-sendiri.

Untuk menegakkan perlukaan lambung, biasaya dilakukan pemeriksaan endoskopi. Pemeriksaan endoskopi dapat saja dilakukan, namun menurut kami, lebih baik dilakukan pemeriksaan rontgen dada dan EKG terlebih dulu. Beberapa indikasi untuk melakukan endoskopi adalah bila ditemukan kesulitan menelan, berat badan berkurang, buang air besar berdarah atau berwarana hitam, anemia, atau gangguan maag kronik pada usia > 45 tahun. Bila tidak ditemukan tanda-tanda di atas, maka pemeriksaan endoskopi dapat ditunda atau tidak dilakukan.

Saran kami, Anda berobat ke dokter spesialis Ilmu Penyakit Dalam. Bila perlu, Anda dapat juga berobat ke psikiater bila Anda mengalami kekhawatiran berlebih terhadap penyakit Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar