Sukses

Hemiplegia dan Multiple Sclerosis
26 Dec 2016, 12:23 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok saya mau nanya apa yang dimaksud dengan hemiplegia dan unspecified, bagaimana penanganannya? untuk Multiple Sclerosis perlukah ct scan kepala, adakah efek sampingnya? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kelemahan satu sisi tubuh dalam istilah medis disebut hemiplegia. Kondisi hemiplegia dapat terjadi akibat trauma/ cedera otak, tumor, stroke, infeksi, cerebral palsy.

Penanganan hemiplegia adalah dengan mengatasi penyebabnya dengan cara pembedahan atau menggunakan obat-obatan. Rehabilitasi medik memiliki peranan penting dalam penanganan hemiplegia. Rehabilitasi medik bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengembalikan fungsi maksimal pasien. Terapi fisik pada rehabilitasi medik seperti berjalan, berdiri dan lain sebagainya ditujukan untuk melatih kekuatan otot. Fisioterapi elektro juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Multiple Sclerosis atau yang biasa disingkat MS adalah penyakit yang menyerang serabut myelin pada serabut saraf. Serabut myelin memiliki fungsi untuk menyelubungi "kabel" saraf dan juga membuat impuls saraf berjalan cepat. Pada orang dengan penyakit MS myelin akan hilang pada area - area tertentu sehingga menyebabkan impuls saraf menjadi tidak sampai atau dengan kata lain menghilangkan kemampuan serabut saraf untuk bekerja dengan baik.

Penyebab MS adalah karena sel - sel imun di tubuh kita menyerang bagian myelin dari serabut saraf itu sendiri. Kondisi ini masih belum jelas penyebabnya dan masih diteliti hingga saat ini. Para ahli masih berdebat apakah ini karena infeksi virus ataukah karena adanya masalah di gen. Pengaruh lingkungan juga berpengaruh. Penyakit MS diderita lebih banyak pada wanita dibandingkan pria.

Gejala MS dapat berupa adanya gangguan pada fungsi saraf di semua bagian tubuh. Diyakini demam, paparan terhadap matahari, dan stres bisa memicu dan memperburuk gejala. Gejala dapat menimbulkan masalah di bagian :

  1. Otot : Kehilangan keseimbangan, lumpuh, gangguan berjalan, gangguan sensasi sensoris, gangguan koordinasi, tremor, kesemutan yang tidak hilang, dsb.
  2. Sistem kemih dan pencernaan : Gangguan menahan BAK dan BAB
  3. Sistem mata : Pandangan ganda, kehilangan fungsi melihat, gangguan gerakan bola mata
  4. Nyeri pada seluruh tubuh
  5. Gangguan seksual pada pria dan wanita
  6. Otak : Depresi, Nyeri kepala hebat, gangguan berfikir, dsb.

Untuk pasien MS dokter akan melakukan wawancara secara mendetail mengenai riwayat penyakit, riwayat penyakit penyerta, riwayat gaya hidup, dan riwayat keluarga. Pemeriksaan fisik yang dilakukan melingkupi pemeriksaan tanda vital, pemeriksaan umum, pemeriksaan syaraf lengkap, pemeriksaan mata, dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan ( tes darah, pungsi lumbal, MRI, dan pemeriksaan syaraf penunjang lainnya)

Pengobatan untuk menyembuhkan MS sampai sekarang masih diteliti, tetapi pengobatan berikan bersifat untuk memelankan progresitivitas penyakit. Pengobatan yang diberikan bersifat lama sehingga pasien harus disiplin untuk mengkonsumsi obat. Obat yang diberikan berupa steroid, serta obat obat yang meringankan gejala tergantung kondisi pasien.

Kami menyarankan jika anda ingin lebih tau secara jelas dapat anda konsultasikan kepada dokter spesialis saraf.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar