Sukses

Anak Sering Berbicara Sendiri

25 Dec 2016, 13:15 WIB
Pria, 40 tahun.

Dok .saya mau tanya soal anak saya . Anak saya berat badan nya 20 kg lahir 8 10 2009 . Sering ngeluh saat menulis dan Di sekolah anak saya berbicara sendiri klo ditegur guru nya anak saya baru menulis . Dok kira2 anak saya gejala sakit apa ya dok ?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Berbicara sendiri merupakan hal yang normal bila terjadi pada anak usia balita, dimana anak sedang belajr untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasinya. Beberapa loteratur ada yang mengatakan sampai usia 7-8 tahun anak senang berbicara sendiri lebih tepatnya ia senang mengutarakan langsung apa yang ada di otaknya. Misal orang dewasa berpikir di otaknya "sehabis ini saya mau makan ah " nahanak-anak usia di bawah 7tahun cenderung langsung mengucapkan pikiran tersebut jadi seakan-akan ia bicara sendiri. Sebenarnya hal ini merupakan salah satu tahap perkembangan yang dapat melatih kemampuan berpikir, imajinasi dan kreativitas anak.

Namun, kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak agar anak Anda dapat diperiksa apakah memang masih dalam batas normal atau memang ada suatu kondisi penyakit yang mendasari. Karena memang ada pula kondisi medis yang memiliki gejala anak sering bicara tanpa arti seperti attention deficit hiperactivity disorder (adhd).

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar