Sukses

Solusi Mengatasi Anak Ketakutan Ke Dokter Gigi

25 Dec 2016, 23:20 WIB
Pria, 3 tahun.

Dok, anak saya usia 3,5 tahun gigi geraham nya ada yang bolong tapi sejauh ini dia masih bisa makan dan tidak mengeluh sakit? hanya saja ketika sikat gigi bagian yg berlubang itu tidak mau disikat karena katanya sakit. saya sudah pernah bawa ke dokter gigi namun anak menangis. Bagaimana solusi nya dok?

Halo Bryan,

Kami memahami keadaan yang anda alami. Berdasarkan dari keterangan anda, menurut kami tindakan anda sudah benar yaitu mengajak anak anda ke dokter gigi untuk diperiksa. Kunjungan pertama ke dokter gigi bagi anak kecil adalah saat yang krusial dan sangat perlu diperhatikan. Pada anak yang perlu dilakukan bukan hanya merawat giginya saja namun harus membentuk perilaku kooperatif untuk menerima perawatan gigi. Biasanya pada saat kunjungan pertama, anak hanya datang untuk menemani orangtua periksa gigi atau melakukan perkenalan pada alat-alat yang akan digunakan dalam perawatan dari yang sederhana sampai yang canggih, serta dilakukan pengenalan rasa. Jika terlihat kooperatif bisa langsung dilakukan tindakan, namun jika belum kooperatif maka perawatan ditunda ke kunjungan berikutnya. Akan tetapi gigi yang berlubang itu tetap harus dibersihkan, anda bisa membantunya dengan membersihkannya dengan jari telunjuk yang dililit kasa steril/sikat jari saat anak tidur. Dengan cara ini diharapkan anak tidak akan ketakutan dan menangis sehingga dapat menerima perawatan gigi dengan baik.. 

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar