Sukses

Pasca Angkat Ginjal

21 Dec 2016, 08:51 WIB
Pria, 29 tahun.

Halo dok, saya pasca operasi pengangkatan ginjal kiri. pada saat ini saya mengalami perih di sekitar selangkangan kiri saya selama 5 hari. tidak ada benjolan di area yg perih. rasa perih juga muncul dan hilang. sekarang ini saya makan obat infeksi saluran kemih, tapi tidak ada tanda tanda-tanda membaik. dan yg sekarang saya rasa frekuensi muncul rasa nyeri jadi lebih sering, sekitar 5-10 menit sekali dari 30-60 menit sekali. apa ada kemungkinan terkena penyakit lain selain infeksi saluran kemih dok? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Orang dengan satu ginjal dapat hidup seperti biasa, bahkan tidak ada pengaturan makanan tertentu kecuali ginjal yang tertinggal memang memiliki masalah.

Namun, ada baiknya minum dalam jumlah banyak, dan makan makanan yang sehat, seimbang kalori dan nutrisinya. Aktvitas sehari-hari pun tidak dibatasi, dan sebaiknya hindari aktivitas-aktivitas yang membuat ginjal lebih rentan terhadap trauma.

Selain itu perlu dilakukan tes laboratorium analisi urin dan pengukuran tekanan darah tiap tahun, sedangkan fungsi ginjal diperiksa tiap beberapa tahun. Ada indikasi bahwa orang yang pada usia dewasa mendonasikan salah satu ginjalnya untuk transplantasi bisa memiliki tekanan darah yang sedikit tinggi dan peningkatan protein dalam urin dalam jumlah sedikit 10 – 15 tahun setelahnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar