Sukses

Cara Untuk Membantu Rangsang Gigi Anak

21 Dec 2016, 00:17 WIB
Pria, 35 tahun.

Malam dokter, sy mau bertanya anak sy usianya 18bulan dan giginya baru 8, atas 4 bawah 4. Normal kah usia 18bln sprti anak sy giginya baru 8? Cara bantu cpt tumbuh giginya bagaimana ya dok? Mohon bantu jawab.

Halo Sendiko,

Kami memahami kekhawatiran anda. Memang kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Meski demikian, memang ada faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan gigi anak. Proses pembentukan gigi sudah dimulai saat anak masih dalam kandungan ibu, kira-kira saat janin berusia 4 bulan. Kemungkinan gigi susu tumbuh lebih lambat dari yang semestinya lebih besar pada anak yang lahir prematur atau berat badan bayi lahir kurang, karena proses pertumbuhan dan perkembangannya secara umum belum sempurna termasuk juga giginya.

Untuk membantu merangsang tumbuhnya gigi anak, bisa dilakukan hal berikut :

1. Perhatikan Aturan Pemberian Makan pada Bayi

Perhatikan aturan pemberian makanan pada bayi. Baik dari segi kandungan gizi maupun tahapan pemberian makanan dari cair ke padat. Tujuannya, agar kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi. Sebab, selain berguna untuk tumbuh kembang, juga merangsang pertumbuhan gigi dari dalam.

Pertumbuhan gigi susu juga bisa dirangsang dengan pemberian vitamin sesuai anjuran dokter. Ada zat yang dapat memperkuat gigi bayi, menjaga dan mencegah kerusakan gigi, yaitu zat fluor. Zat ini bisa diberikan pada ibu hamil sampai bayi lahir hingga berusia 10 tahun.

2. Beri Mainan Gigit 

Biasanya, ketika akan erupsi (muncul atau tumbuh) gigi, si bayi lebih banyak mengeluarkan air liur dan maunya menggigit-gigit sesuatu akibat rasa gatal pada gigi. Dengan menggigit, juga dapat mempercepat keluarnya gigi. Berikan biskuit khusus yang agak keras atau mainan gigit dari bahan plastik yang aman buat bayi.

Semoga jawaban kami dapat membantu Anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar