Sukses

Gejala Alergi Susu Sapi Seperti Apa?

19 Dec 2016, 00:47 WIB
Pria, 6 tahun.

Dok anak saya usia 0-6 m konsumsi Bmt soya setelah usia 6m lebih sy ganti dgn chil mil 2 susu sapi...tp dihari ke3 konsumsi bab jd lembek kemudian bab lg dihari ke5 lembek jg.apakah tdk apa?atau saya kmbalikan ke chil mil soya saja?trims...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di www.klikdokter.com.

Sebelumnya, apakah hal yang membuat anak Anda mengkonsumsi susu soya saat usia di bawah 6 bulan? Apakah karena dokter mendiagnosis anak Anda mengalami alergi susu sapi? Bila iya, sebaiknya Anda tidak mengganti susunya dengan produk yang mengandung susu sapi dahulu. Bila tidak pernah didiagnosis mengalami alergi susu sapi, BAB yang lembek saja secara umum. bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

  1. Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),
  2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan
  3. Saluran pernapasan (4-25%).

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

- Sakit perut

- Mual

- Muntah

- Sesak napas atau mengi

- Ruam, bengkak, gatal pada kulit

- Diare

Reaksi lambat alergi susu sapi umumnya disebabkan oleh respon hipersensitivitas non antibodi IgE dan berlangsung dalam hitungan jam atau hari setelah konsumsi susu. Gejalanya antara lain:

- Penurunan berat badan

- Pertumbuhan terhambat

- Ruam kulit seperti eksim

- Menolak makan

- Diare

- Kolik perut

- Mudah marah dan rewel

Bila anak Anda menunjukkan beberapa gejala di atas, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk memastikan apakah ia mengalami alergi susu sapi. Sementara itu, jangan memberikan produk susu sapi terlebih dahulu pada anak Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar