Sukses

Menjaga Kesehatan Gigi Anak Yang Merupakan Anugerah Dan Titipan Tuhan

20 Dec 2016, 11:10 WIB
Wanita, 1 tahun.

Jagalah anak kita sebaik-baiknya karena anak adalah titipan Tuhan yg berharga yang tak bisa dibeli atau diperdagangkan karena anak adalah anugerah Tuhan untuk kita.

Halo Mikhaella,

Kami sangat setuju dengan Anda. Anak merupakan anugerah dan titipan Tuhan yang sangat berharga sehingga kita harus menjaganya dengan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan giginya.

Cara Menjaga kesehatan gigi anak mulai dari bayi harus dilakukan dengan benar dan dimulai sedini mungkin. Menjaga kesehatan gigi bayi menang merupakan suatu hal yang susah-susah gampang, karena orang tua dituntut untuk sabar, pintar, dan aktif dalam melakukannya.

Bila gigi anak sudah bermasalah, selain diperlukan biaya yang tidak murah, biasanya orang tua akan menjadi stres karena anak menjadi rewel dan susah makan.

Oleh karena itu, sebelum gigi anak berlubang atau bermasalah, ada baiknya Anda para orang tua menyimak beberapa tips dibawah ini agar terhindar dari masalah kesehatan gigi anak.

- Biasakan membersihkan mulut bayi walaupun giginya belum tumbuh, yaitu dengan menggunakan kain yang bersih atau sikat gigi khusus bayi ketika mandi.

- Ketika gigi telah tumbuh, maka bersihkanlah gigi setidaknya dua kali dalam sehari.

- Hindari pemberian empeng atau benda lain sejenis yang dibaluri/dicelupi gula atau sesuatu yang bersifat manis.

- Jangan biasakan anak tertidur dengan kondisi masih minum dengan botol dot berisi cairan yang mengandung gula, karena bisa menyebabkan gigi berlubang atau karies pada bayi yang disebut early childhood caries, dan hal ini cukup membahayakan bagi kesehatan gigi bayi.

- Bawalah anak untuk mengontrol giginya ke dokter sedini mungkin, yaitu mulai usia satu tahun. Dengan kebiasaan kontrol ke dokter gigi sejak dini akan menyebabkan anak nantinya terbiasa ke dokter gigi dan tidak takut lagi jika memang harus melakukan perawatan gigi.

Walaupun jenis makanan dan minuman yang bersifat manis banyak disukai oleh anak, dan terkadang digunakan untuk membujuk atau mendiamkan anak ketika rewel, orang tua sebaiknya tahu bahwa makanan dan minuman yang mengandung gula dan bersifat manis sangat berisiko menyebabkan gigi berlubang.

Ketika gigi anak sudah mengalami perubahan warna, yaitu terdapat bercak putih yang merupakan tanda-tanda kerusakan mineral gigi, maka orang tua harus mulai waspada karena kerusakan tersebut dapat berlanjut menjadi lubang pada gigi.

Dan yang paling utama dan sangat penting adalah bagaiman anda sebagai orang tua mencontohkan perilaku dalam menjaga kesehatan gigi kepada anak anda. Misalnya dengan mengajaknya menemani anda saat periksa gigi ke dokter gigi 6 bulan sekali, melakukan kegiatan sikat gigi bersama dengan anak anda. Karena dalam proses pembentukan perilaku anak menjadi kooperatif, sangat memerlukan panutan atau ‘role model’. Jadi jika anda ingin anak anda memiliki kesehatan gigi yang selalu terjaga maka mulailah dengan menjaga kesehatan gigi anda sebagai orang tuanya karena peran orang tua di dalam proses ini sangat besar dan tidak tergantikan.

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar