Sukses

Flek Saat Menggunakan Pil KB Paska Melahirkan

17 Dec 2016, 09:09 WIB
Wanita, 29 tahun.

selamat pagi dok,saya agustus 2016 kmrn melahirkan dan setelah nifas saya langsung kb pil exluton,sampai dengan nov 2016 haid saya teratur dan tidak ada masalah tp dibulan des 2016 ini tgl 7 kmrn saya sudah selesai mens tp tgl 11 saya mens lg tp cuma sedikit sekali dan sedikit mual,apakah ini efek sampingnya



Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pil KB terdiri dari 2 macam; kombinasi (sintetik estrogen-preparat progestin) dan non kombinasi (preparat progestin saja). Kedua jenis pil KB ini memang memiliki efek samping ringan seperti flek hingga pada beberapa orang berupa perdarahan yang lebih banyak. Jenis pil KB apa yang Anda konsumsi saat iniialahpil KBprogestin.

Pada pil KB yang berisikan progestin saja, umumnya efek samping flek ini lebih sering terjadi dibandingkan kombinasi dan terjadi dalam beberapa bulan pertama.

Namun flek juga dapat memiliki arti yang lain seperti endometrium (otot pada rahim) yang terlalu tebal- ini bukan suatu keadaan yang serius, efek hormonal dari ovulasi, fluktuasi hormonal dimana tubuh sedang menyesuaikan diri hingga kemungkinan adanya kegagalan KB.



 Konsultasikan dengan dokter ahli kebidanan dan kandungan jika keadaan tersebut berlangsung berlarut-larut untuk kemungkinan penggantian jenis KB. 



Salam,


 

0 Komentar

Belum ada komentar