Sukses

Luka Lambung atau GERD?

16 Dec 2016, 13:27 WIB
Pria, 32 tahun.

dok,saya sering ngalami perut kembung,sendawa,pusing,mata kabur,terkadang tapi jarang berkeringat dingin,lemasulu hati nyeri,dada panas,berdebar,kadamg nyeri,ketika kambuh,gas naik sampe kerongkongan, kata Dr.sya mengalami luka usus,apakah ini gerd?atau luka lambung? trma kasih dok.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna yang terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dispepsia biasanya disebabkan oleh penyakit radang lambung / gastritis (kelebihan asam lambung yang mengiritasi permukaan dinding lambung) atau ulkus lambung (timbulnya luka pada dinding lambung akibat asam lambung berlebih). Jika asam lambung naik ke kerongkongan (refluks) maka disebut GERD (Gastro-esophageal reflux disease). Lama-kelamaan produksi asam lambung yang mengiritasi dinding akan menyebabkan luka pada lambung. Hal ini dapat diketahui dengan pemeriksaan endoskopi.

Keluhan ketiganya memang sangat mirip, sehingga dibutukan konsultasi ke dokter untuk menentukan diagnosis Anda. Dengan melakukan beberapa pemeriksaan tentunya. Semoga bermanfaat. (TRY)

0 Komentar

Belum ada komentar