Sukses

Cara Penularan Hepatitis B Bagaimana

16 Dec 2016, 10:03 WIB
Wanita, 15 tahun.

Sore dokter :) Dokter aku mau tanya, tetangga aku positive hepatitis B nah suami sama sodara2nya jadi kaya ngucilin dan ngejauhin dia gitu dok. Sebenernya bahaya banget emang dok penyakit hepatitis B itu? Terus dok, cara penularannya emang lewat apa aja dokter, apa bener air liur sama sentuhan bisa menular? Oiya dokter, orang yang ngidap hepatitis B itu apa bisa sembuh total dok? Terus cara penyembuhannya gimana dok? Sekian pertanyaan dari aku dokter, hehehe maaf yah dokter rakus banget nanyanya :D Mohon dijawab dan di jelaskan yah dokter...!! Terimakasih :) Selamat sore dokter :)

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Hepatitis B adalah penyakit pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B.  

Cara penularannya adalah melalui darah atau cairan tubuh (misalnya dengan transfusi darah, penggunaan jarum suntik bekas orang lain), melalui hubungan seksual dengan pasangan yang membawa virus hepatitis B, atau dengan kontak dengan cairan tubuh penderita (air liur, air seni) tapi cara penularan yang terakhir ini jarang terjadi. Selain itu, penularan hepatitis B dapat pula didapat dari ibu saat anak masih di dalam kandungan. 

Pengobatan untuk hepatitis B kronik mencakup pemberian antiviral seperti lamivudine dan interferon alpha. Namun, sebelum diberikan pengobatan, diperlukan pemeriksaan serologi hepatitis B yang lengkap, misalnya kadar HBV-DNA serta fungsi hati (SGPT dan SPOT). 10% dewasa yang terinfeksi hepatitis B akan 'membawa' atau menyimpan virus tersebut selama hidupnya, yang kemudian disebut hepatitis B carriers. 

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar